Tips Menghindari Robekan Jalan Lahir pada Persalinan Normal

Haluu bu, posting sesaat saya ini akan berbicara tentang penjahitan pada Jalan Lahir wanita yang mengalami Persalinan NOrmal.

Apa kalau mau bersalin Normal bagian kewanitaan kita harus dijahit?? aw aw…. denger kata Jahit aja uda serem,, apalagi kalau yang dijahit bagian… Hmmm.. itu tuhh,, hehehe…..

Sebenernya, tidak semua Ibu yang melahirkan dengan Persalinan Normal terutama pada anak Pertama mengalami robekan pada jalan lahirnya. Jadi tidak semua Ibu yang melahirkan normal harus dijahit pada bagian kewanitaannya. Penjahitan dilakukan pada Ibu yang mengalami robekan jalan lahir saja.

Yang mengalami penjahitan jalan lahir, ga hanya Ibu2 dengan anak pertama, tapi anak kedua dan ketiga-pun kalau liang vaginanya kaku, kurang rileks atau bayinya terlalu besar, juga bisa mengalami penjahitan jalan lahir. Tapi banyak juga, pasien saya Ibu bersalin anak pertama dengan vagina utuh tanpa lecet sedikitpun, kalu yang ini kelenturan vagina sangat mendukung. Emang sendiri2 sih,, manusia kan gak diciptakan sama semua yah??

TIPS Menghindari robekan jalan Lahir :

  • Sering2 latihan KEGEL biar liang vagina lebih lentur dan lunak.
  • Sering jongkok, agar paha, panggul serta bagian kewanitaan lebih terlatih.
  • Bayi tidak terlalu besar
  • Sabar dan ga keburu-buru mengejan saat persalinan berlangsung, biarkan kepala bayi turun dengan santai, pasti dan tidak membuat robekan pada jalan lahir.
  • Saat Persalinan, rileks, tidak tegang, tersenyum dan melemaskan rahang mulut bagian bawah, karena ada hubungan antara rahang bawah dengan vagina.
  • Yang paling penting !!! Saat persalinan, jangan angkat pantat anda ke kanan dan kekiri, letakkan saja pantat anda di tempat tidur. Tetap tenang dan terkendali, mintapada penolong persalinan anda agar mengingatkan anda.
  • terakhir  dari pihak penolong persalinan, bila si penolong sabar, dan menahan perineum (bag,kewanitaan anda) dengan kuat dan terkendali, sangat dmungkinkan anda tidak mengalami robekan. Keterampilan sangat dibutuhkan disini.

Bila ternyata anda mengalami penjahitan,perhatikan kebersihan bagian kewanitaan anda. Jangan JOROK!!  Agar tidak terjadi Infeksi, selain itu sekedar TIPS aja, Agar jahitan cepat jadi dan kering juga hasilnya bagus+indah (wew?)  makanlah protein nabati yang banyak agar jaringan yang robek cepat menyatu. Bisa dicoba dengan Diit Telur makan 6 butir telur/ hari, niscaya dalam waktu 1-2mg jahitan anda sudah kering. Tapi hindari untuk anda yang alergi telur..

Biasanya, klinik jaman sekarang, langsung menggunakan benang yang langsung jadi daging (catgut), jadi anda tidak usah angkat2 jahitan kek jaman baheula ituu..huhuhu….

Sudah lebih paham?????????????

About these ads

5 Tanggapan

  1. Ih… seneng deh baca tutorial teteh… enak dibacanya….

    Ilmu kebidanan keren yah… banyak pahalanya teh.. Masa melahirkan masih sama cowo sih jaman gini… mana wanita2 nyah…..

    Cowonya jadi perawat ajah…. ya…..

  2. iiiiiiihhh…… mkcih y…

  3. huuuh dokter spog skrg tuh lsg gunting gunting guntiiiing…pdhl pose sy melahirkan dulu udah OKEH buangeet utk menghindari robekan….ibu saya jg ngajarin pose oke agar tdk robek..eeeh malah dokternya yg ngerobek…..bs dituntut gak yaa??soale wkt digunting sy gk terasa tau2 kt ibu dokternya maen gunting aja…..btw, sy trauma ngelahirin normal…suakiit bgt. induksi hrs 3 hari 2 malem….

  4. Usia ehamilan saya skrg udah masuk ke 39minggu. dateline dari dokter sich lusa saya sudah hrs mlahirkan. Postur saya memang kecil, sebelum hamil 43kg/156cm. Setelah hamil sampai sekarang saya sudah naik berat badannya 18 kg. Kata doter anak saya ada kecenderungan besar. Tapi sampai detik ini dokter ga pernah nyinggung2 soal kemungkinan saya untuk dicaesar. Saya jadi takut, karena bnyk yg bilang kalo bayinya besar ada kemungkinan dijahit/digunting kalau tidak dicaesar….. jujur makin dekat hari H mental saya makin ga keruan deh….takut. Apalagi, semakin banyak saya baca buku persalinan,website, dan denger banyak pengalaman pribadi orang lain saya malah jadi tambah takut. Kayaknya main sedikit yang saya tau, saya akan lebih tenang…..

  5. makasih ya atas tipsnya soalx jahitan pasca persalinan normal itu yg membuat saya takut pas ngelahirin,apalagi ini persalinan pertama saya.cuman saya kurang tau cara senam kegel,tapi mudah2an semuanya berjalan lancar.amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 113 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: