Tubektomi

Tubektomi

Kontrasepsi Mantap Untuk Wanita(Contraseptive for womens)


Profil

  • Sangat efektif dan mantap
  • Tindakan pembedahan yang aman dan sederhana
  • Tidak ada efek samping
  • Konseling dan informed consent (persetujuan tindakan) mutlak diperlukan

Tubektomi adalah prosedur bedah sukarela untuk menghentikan fertilitas (kesuburan) seseorang perempuan

Mekanisme Kerja

  • Minilaparotomi
  • Laparoskopi

Dengan mengoklusi tuba falopi (mengikat dan memotong atau memasang cincin), sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan ovum

Keuntungan Kontrasepsi

Keuntungan Nonkontrasepsi

  • Sangat efektif (0,5 kehamilan per 100 perempuan selama tahun pertama penggunaan)
  • Tidak mempengaruhi proses menyusui (breastfeeding)
  • Tidak bergantung pada faktor senggama
  • Baik bagi klien apabila kehamilan akan menjadi risik kesehatan yang serius
  • Pembedahan sederhana, dapat dilakukan dengan anestesi lokal
  • Tidak ada efek samping dalam jangka panjang
  • Tidak ada perubahan dalam fungsi seksual (tidak ada efek pada produksi hormon ovarium)

Berkurangnya risiko kanker ovarium

Keterbatasan

  • Harus dipertimbangkan sifat mantap metode kontrasepsi ini (tidak dapat dipulihkan kembali), kecuali dengan rekanalisasi
  • Klien dapat menyesal di kemudian hari
  • Risiko komplikasi kecil (meningkat apabila digunakan anestesi umum)
  • Rasa sakit/ketidaknyamanan dalam jangka pendek setelah tindakan
  • Dilakukan oleh dokter terlatih (dibutuhkan dokter spesialis ginekologi untuk proses laparoskopi)
  • Tidak melindungi diri dari IMS, termasuk HBV dan HIV/AIDS

Isu-isu Klien

Yang Dapat Menjalani Tubektomi

  • Klien mempunyai hak untuk berubah pikiran setiap waktu sebelum prosedur ini
  • Informed consent harus diperoleh dan standard consent form harus ditanda-tangani oleh klien sebelum prosedur dilakukan

  • Usia > 26 tahun
  • Paritas (jumlah anak) minimal 2 dengan umur anak terkecil > 2 thn
  • Yakin telah mempunyai besar keluarga yang sesuai dengan kehendaknya
  • Pada kehamilannya akan menimbulkan risiko kesehatan yang serius
  • Pascapersalinan dan atau pasca keguguran
  • Paham dan secara sukarela setuju dengan prosedur ini

Yang Tidak Boleh Menjalani Tubektomi

Kapan Dilakukan

  • Hamil
  • Perdarahan vaginal yang belum terjelaskan
  • Infeksi sistemik atau pelvik yang akut
  • Tidak boleh menjalani proses pembedahan
  • Kurang pasti mengenai keinginannya untuk fertilitas di masa depan
  • Belum memberikan persetujuan tertulis

  • Setiap waktu selama siklus menstruasi apabila diyakini secara rasional klien tidak hamil
  • Hari ke-6 hingga ke-13 dari siklus menstruasi (fase proliferasi)
  • Pascapersalinan; minilap di dalam waktu 2 hari atau hingga 6 minggu atau 12 minggu, laparoskopi tidak tepat untuk klien pascapersalinan
  • Pascakeguguran; Triwulan pertama (minilap atau laparoskopi), Triwulan kedua (minilap saja)
9 Tanggapan

  1. Ibu Erlina Yth.,
    Saya telah melakukan kontrasepsi Tubektomi pasca melahirkan anak ke 3 (sept 2007), dilakukan karena saya melahirkan ke 3 anak kami melalui operasi caesar (sectio caesarea). Sejak itu, siklus haid saya menjadi pendek sekitar 20-22 hari, sebelumnya sktr 25-28 hr.
    Haid pertama yg saya dapat pasca melahirkan adalah 5 bln kemudian, tetapi kemudian teratur hingga bulan Juli 2008.
    Terakhir saya haid adalah tgl 1 Juli 2008, tetapi hingga saat ini saya belum juga mendapatkan haid. Saya belum melakukan test urine, masih menunggu 1 mg. Apakah mungkin saya bisa hamil lagi ? Dan mengapa siklus haid jadi lebih pendek ?
    Terima kasih atas penjelasannya.

    Regards,

  2. Kejadian yg menimpa ibu Susy mungkin sama dengan saya. Saya telah melakukan tubektomi April 2007. Tapi pada bulan ini saya merasa ada yang aneh dengan siklus saya, kemungkinan terlambat, apakah mungkin saya juga hamil lagi??

  3. sy mau ty soal efek tubektomi dimasa tua nanti…katanya jika wanita di tubektomi atau biasa sy blgnya steril akan mempercepat proses menopause….bener ga sih??…usia sy br 29 th….tapi emang rencanannya nanti kalo anak sy dah 3 sy mao disteril….tp serem jg nih denger pernyataan org yg spt itu….plis confirmnya…..n thx…

  4. siang dok….

    saya mau tanya nih,

    saya sudah melakukan tubektomi waktu melahirkan anak ke-3, cessar dan langsung sterill. yng saya tanyakan.
    saya terakhir haid tgl 15 Oktober 2008, dan sampai sekarang saya belum haid. apa kemungkinan saya hamil???
    duh, kalo sempat hamil gawat donk saya, soalnya anak saya sudah 3 dan itu semuanya beda 1 tahun dan cessar. saya ga bisa kb dok. pake spiral aja jebol, bingung saya jadinya…

    apa mungkin saya hamil? emang sih saya belum test urine.

    en kenapa sejak tubektomi, jika senggama rasanya kurang nikmat ya? tidak sama dengan dulu sebelum tubektomi?????

    mohom responnya ya dok.

    sri vidya

    • Ibu saya mau bertanya kepada ibu,saya membaca ternyata ibu telah melakukan tubektomi.saya mau bertanya apakah setelah dilakukan hal tsb,ada efek2 spt siklus haid yg mjd kacau bahkan sampai hrs minum obat tiap blnnya spy bs mendptkan haid tiap blnnya? Dan apakah benar tubektomi mengakibatkan kita mjd agak ‘dingin’ kepada suami kita?dan juga mengakibatkan kita agak menjadi gemuk alias susah buat kurusnya lg?karena saya sedang mencari info2 mengenai efek dari tubektomi karena tadinya saya berminat utk melakukannya sekalian nanti melakukan caesar.atas perhatiannya saya ucapkan trimakasih

  5. siang dok,
    Ada beberapa pertanyaan yang sampai sekarang masih mengganjal. Mohon penjelasan dokter:
    1. Usia saya 41 th dengan 2 anak . Jarak anak ke-2 dg kehamilan ke-3 adalah 11 th. Tgl 3 Feb ’09 kehamilan saya diterminasi oleh dokter pada usia kehamilan 32 minggu karena saya menderita pre eklampsia dg tensi 179/110. Tindakan dokter dg menginfus magnesium sulfat selama 24 jam pd tgl 2 Feb ’09 dn keesokan harinya dilakukan operasi. Pertanyaan mengapa dokter tidak melakukan tindakan-tindakan alternatif seperti pengobatan atau perawatan intensif dg rawat inap dulu? Apakah harus selalu dg ketok palu ‘terminasi’? karena saya sebagai pasien merasa bahwa timbulnya edema pada kaki karena kelelahan (pekerjaan rumah tangga). Mungkin saya perlu bed rest total untuk menormalkan tensi. Tapi dokter tidak menyarankan hal tsb.
    2. Bayi saya lahir dg berat 1540 gr. Yang pada akhirnya meninggal setelah di NICU selama 6 hari (gangguan pernafasan).
    3. Pada saat operasi cesar, sekaligus saya disteril. Pada saat saya terbaring di meja operasi dokter menanyakan hal tsb. Saya bingung dan sebenarnya tidak setuju. Tetapi dokter menanyakan apakah saya mau hamil lagi dg resiko yang sama? tentu saja siapapun tidak menginginkan hal tsb, tetapi apakah tidak ada jalan lain? Dan ketika anak saya meninggal, timbul penyesalan mengapa saya harus disteril. Pertanyaan: Apakah mungkin saya bisa hamil lagi? bagaimana caranya. Apa yang dimaksud dengan rekanalisasi? Mohon dengan sangat penjelasan dokter.
    4. Apa penyebab timbulnya pre eklampsia dan bagaimana caranya mencegah kehamilan dengan resiko tsb?
    Trimakasih atas penjelasan dari dokter

  6. saya melakukan tubektomi bln juli 2008, setiap bulannya saya harus minum obat untuk mengeluarkan darah haid saya. karena perut saya besar banget setiap bulan sampe terakhir saya haid tgl 30 januari 2009 dua bln ini saya belum dapat haid..adakah ini efek sampingnya, krena haid tidak lancar perut pun menjadi besar kayak orang hamil padahal di test negatif? terima kasih sebelumnya.

  7. Dok,saya mau tanya mengenai tubektomi.apa benar stlh melakukan tubektomi siklus haidnya jadi kacau dan bahkan hrs minum obat supaya bisa haid lagi tiap bulannya?kenapa hal tersebut bisa terjadi pada beberapa org pdhlkan katanya menurut teorinya tidak ada efek negatifnya?dan juga benarkah kl setelah dilakukan tubektomi,kita sebagai istri menjadi agak ‘dingin’ kepada suami karena sewaktu senggama menjadi kurang nikmat lg spt sblm melakukan tubektomi?karena saya juga pernah dengar dr bbrp org dan mereka mengalami hal ini.terimakasih

  8. asLm…

    giNi Loh, saYa mW nanYa…

    Pa beNer katana RaNk yG daH tuBekTomi, SuaMinya baKaL ngErasaEn haMBaR paZ Hub inTiM???

    MakaCieH y…

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 109 pengikut lainnya.

