Tumbuh kembang BAYI thn pertama

BAYI BULAN PERTAMA

babies growth 0 - 9 months - Bunda LabibahsOrang seringkali menganggap bahwa kelahiran bayi adalah merupakan permulaan dari kehidupan, tentu saja hal ini tidak bisa disalahkan, tetapi sebenarnya kelahiran hanyalah suatu tahap dalam proses pertumbuhan yang telah dimulai 9 bulan sebelumnya. Banyak hal yang terjadi pada seorang ibu selama kehamilan yang bisa memberikan pengaruh terhadap bayi baru lahir. Selama beberapa jam setelah kelahiran, obat-obatan yang ada dalam aliran darah ibu selama persalinan bisa juga terus mempengaruhi seorang bayi.
Walau proses kelahiran mungkin merupakan proses yang sulit, apa yang terjadi selama kelahiran sebenarnya jarang mencelakakan bayi. Semua bayi yang baru lahir dinilai dengan angka Apgar, yang dinamai menurut ahli bius yang merancangnya. Tes ini memiliki tujuan ganda :

  1. Untuk mengenali kualitas peralihan seorang bayi ke kehidupan di luar rahim, dan
  2. Untuk menentukan tindakan apa yang harus diambil untuk menunjang bayi dalam menit-menit pertama hidupnya.

Tes tersebut mengukur frekuensi denyut jantung, pernafasan, refleks, masa otot, dan warna kulit. Angka Apgar sama sekali tidak dimaksudkan untuk meramalkan pertumbuhan anak di masa mendatang.
Faktor-faktor yang sering dihubungkan dengan kesehatan bayi setelah kelahiran meliputi hal-hal berikut ini:

babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Kepala bayi lunak, dan biasanya terlipat serta salah terbentuk ketika melewati jalan menuju saluran kelahiran. Bayi baru lahir juga mungkin memiliki benjolan lunak (caput succedaneum) pada bagian atas kepala, yang bukan merupakan tanda kerusakan otak. Kepala akan berubah menjadi bentuk yang bagus setelah dua minggu pertama.
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Kepala yang kecil atau besar abnormal seringkali merupakan tanda cedera otak atau pertumbuhan abnormal, walau kepala besar atau kecil kadang-kadang hanya akibat keturunan. Misalnya, Napoleon, karena bentuk dan ukuran kepalanya yang aneh, dianggap sebagai orang yang paling tidak mungkin sukses dalam keluarganya.
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Semua bayi memiliki daerah lunak di kepala mereka (fontanel), yang mungkin tidak akan menutup sampai 18 bulan. Ini adalah tempat dimana tulang tengkorak belum menyatu. Fontanel yang terbuka ini memberi tengkorak lebih banyak kelenturan selama proses kelahiran atau ketika bayi membenturkan kepalanya. Tempat lunak ini akan berdenyut seirama dengan jantung. Ketika seorang bayi aktif atau mendapat demam, daerah ini akan berdenyut lebih cepat. Fontanel yang menonjol ke luar atau sangat cekung tidak normal merupakan alasan untuk menemui dokter.
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Hampir separuh bayi-bayi lahir dengan tali pusar mengelilingi leher, tetapi ini biasanya tidak menyebabkan masalah. Di rumah sakit, bekas potongan tali pusar diolesi dengan obat pembasmi kuman untuk membunuh bakteri. Kecuali ada bau busuk atau peradangan di sekitar bekas potongan, tidak ada yang perlu dicemaskan selama benda itu tetap di tempatnya. Pada banyak kasus, bekas potongan jatuh sendiri tanpa sakit ketika bayi berumur 7-10 hari.
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Hati bayi baru lahir mungkin untuk sementara terlalu muda untuk mengangkat hasil penguraian sel-sel darah merah ekstra yang diperlukan selama masa janin. Sebagai akibatnya, bayi mungkin berwarna kuning pada beberapa hari pertama, tetapi hal ini biasanya bukan merupakan sebab yang perlu dicemaskan.
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Selama beberapa hari pertama setelah kelahiran, kulit bayi mungkin kering. Banyak bayi baru lahir memiliki kulit yang tertutup rambut halus dan berbulu. Ini disebut lanugo, dan akan menghilang secara bertahap.
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Kuku jari bayi biasanya ditutup sarung tangan di kamar bayi rumah sakit, untuk mencegah garukan. Tangan bayi tidak perlu disarungi di rumah, tetapi kuku-kukunya harus dirapikan dengan gunting tumpul ketika bayi sedang tidur.

Pengenalan

Tidak benar kalau dikatakan bahwa bayi-bayi masih buta dan tuli ketika lahir. Bayi-bayi baru lahir akan memusatkan perhatian pada wajah salah satu orang tua dan mengikutinya dengan mata mereka. Bahkan di meja persalinan, mereka akan memusatkan perhatian pada ibu mereka, dan akan lebih suka melihat gambar wajah normal daripada gambaran dimana ciri-cirinya telah diacak. Suara-suara keras akan mengakibatkan bayi baru lahir terkejut atau gemetar, dan mereka akan menanggapi bunyi suara yang lembut dan tinggi. Menginjak umur 4 minggu, bayi mungkin sudah dapat menunjukkan dengan tingkah laku mereka bahwa mereka mengenali ayah dan ibunya.

Refleks

Bayi baru lahir memiliki variasi refleks yang luar biasa untuk diuji. Bila anda menyentuh pipi atau kulit di sekitar mulut, bayi baru lahir akan membuka mulutnya dan beralih ke jari anda, mencari-cari puting untuk dihisap. Bila anda menyentuh kaki atau tangan, bayi akan berusaha menggenggam, dan –jangan terkejut – mungkin sangat kuat. Salah satu refleks paling populer adalah refleks Moro. Ketika kepala seorang bayi terlempar ke belakang atau ia terkejut, ia akan merentangkan kaki dan tangannya, memanjangkan lehernya, dan berteriak sebentar. Lalu ia akan mengatup-ngatupkan lengannya dengan cepat, seolah-olah hendak memeluk batang pohon atau ibunya. Mudah meyakini bahwa refleks ini berkembang untuk membantu mencegah bayi agar tidak jatuh. Gerakan lain yang menakjubkan adalah refleks berjalan: bila anda menurunkan kedua kaki seorang bayi kecil dan mengijinkan satu kaki menyentuh tempat tidur, ia akan mengangkat kaki itu dan menurunkan yang satunya, dan seterusnya, dalam gerakan berjalan. Refleks ini akan hilang seluruhnya belakangan, dan tidak berhubungan dengan proses belajar berjalan.

Gizi dan Pemberian Makan

Keputusan dalam memilih untuk menyusui bayi dengan ASI atau botol sangat penting, dan idealnya harus dibuat oleh kedua orang tua bersama-sama. Sukses pilihan mereka akan tergantung pada keadaan saling mendukung. Kami sangat menganjurkan kepada anda untuk menyusui bay anda dengan ASI. Jika tidak mungkin untuk mempertahankan menyusui, susu apapun yang bisa disediakan ibu masih lebih baik daripada tidak ada sama sekali. Susu ibu lebih mudah dicerna daripada sumber makanan lain manapun, dan mengandung semua gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan normal selama 6 bulan. Susu ibu juga mengandung faktor kekebalan yang tidak ditemukan di susu formula dan dapat menolong melindungi bayi dari infeksi dan hal ini juga menciptakan kondisi yang menguntungkan di dalam saluran pencernaan bayi. Lebih jauh lagi, menyusui juga memberikan suasana istimewa untuk komunikasi ibu dan anak.
Di sisi lain, ada banyak keadaan yang bisa membuat menyusui tidak praktis atau tidak dianjurkan, misalnya penyakit ibu atau bayi. Ibu-ibu yang tidak bisa menyusui tidak boleh merasa tidak cakap atau bersalah. Jutaan bayi yang telah dibesarkan dengan susu formula sudah tumbuh menjadi orang dewasa yang benar-benar sehat dan menyesuaikan diri dengan baik. Susu formula bayi standar hampir sama baiknya dari segi gizi. Susu formula yang telah dikemas lebih dulu lebih mahal daripada susu formula bubuk atau terkonsentrasi, tetapi yang terakhir mempunyai resiko kehilangan zat gizi bila tidak dicampur dengan hati-hati. Ingatlah untuk selalu memasak air yang anda gunakan sampai mendidih sebelum dicampur dengan susu bubuk atau padat. Susu sapi tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaan kebanyakan bayi yang belum matang, dan hal ini bisa memicu alergi terhadap susu.
Bayi-bayi harus disusui pada 6-12 jam pertama hidupnya, ketika gula dalam cairan ASI yang disebut kolostrum (atau segelas air gula) bisa “memulihkan” mereka dari stres akibat kelahiran. Butuh 3-5 hari bagi susu normal untuk menggantikan kolostrum. Selama minggu-minggu pertama, kebutuhan gizi akan meningkat secara bertahap. Bayi-bayi akan mengisyaratkan rasa lapar mereka dengan menangis. Kebanyakan bayi biasanya meminta makan setiap 2-3 jam pada usia ini, dan memerlukan sekitar 10 menit untuk mengosongkan 80 persen susu dalam satu payudara. Mereka bisa terus mengisap payudara kering sama seperti bayi yang disusui botol mengisap dot. Karena gizi dan pelukan sama dengan kasih sayang bagi seorang bayi, para ayah harus memiliki kesempatan sebanyak mungkin untuk berbagi dalam memberikan keduanya.
Penurunan berat badan selama minggu pertama adalah normal dan hal ini disebabkan karena bayi kehilangan cairan berlebih yang terkumpul di rahim. Setelah 5-7 hari, kebanyakan bayi akan mulai memperoleh kenaikan berat badan secara bertahap. Bayi-bayi yang disusui dengan botol cenderung mulai memperoleh berat badan dengan segera, dan orangtua harus hati-hati untuk tidak memberi makan mereka lebih dari keinginan mereka untuk menghindari kegemukan. Cobalah mengatasi insting yang mendorong bayi menghabiskan sebotol susu. Susu formula bisa disimpan di lemari es dengan aman selama paling sedikit 24 jam. Tidaklah perlu untuk memberi bayi suplemen vitamin, apakah mereka minum ASI atau susu formula. Susu ibu mengandung banyak persediaan vitamin bila wanita yang memberikannya mengkonsumsi diet yang seimbang dengan banyak buah atau jus buah dan sayuran. Kandungan vitamin dari formula yang telah disiapkan dikontrol dengan hati-hati untuk mencukupi kebutuhan bayi. Memberi vitamin pelengkap bahkan bisa berbahaya; telah ada laporan-laporan tersendiri tentang reaksi racun terhadap vitamin A dan D pada bayi-bayi yang diberi jumlah berlebihan.
Tidak perlu juga untuk memberi bayi air, kecuali jika mereka tampak haus pada hari yang amat panas. Baik susu formula maupun susu ibu mengandung air sebanyak yang diperlukan bayi, dan air tambahan bisa menghilangkan nafsu makan mereka untuk cairan makanan. Begitu proses menyusui telah mantap, memberikan formula pelengkap dalam botol adalah aman jika anda menginginkannya, untuk kenyamanan anda atau untuk memastikan bahwa bayi bersedia menerima botol ketika anda tidak bisa menyusui. Namun, formula tambahan ini sebenarnya tidak perlu. Tujuan yang sama bisa dipenuhi dengan cara memberi susu ibu yang sudah dikeluarkan dalam botol. Pemberian susu dengan botol, baik memakai susu ibu maupun susu formula, memberi sang ayah kesempatan untuk memiliki pengalaman penting memberi makan bayi.
Bayi-bayi perlu dibuat bersendawa, karena udara yang masuk bersama makanan mereka bisa menciptakan perasaan kenyang yang palsu dan bisa pula menyebabkan sakit kram perut. Bayi-bayi yang disusui dengan botol harus disusui dengan posisi botol terangkat dengan dotnya ke bawah, sehingga mereka akan selalu mendapat susu dan bukan udara dari dot. Untuk mengurangi gumoh setelah makan, miringkan bayi pada sudut 30 derajat selama beberapa menit sebelum bersendawa. Dengan begitu, susu akan menetap dan udara bisa keluar.

Pembuangan Sisa Makanan

Banyak bayi tegang setiap kali membuang kotoran, karena mereka tidak bisa hanya menggunakan otot-otot pembuangan. Mereka menggunakan seluruh otot atau tidak sama sekali. Hal ini akan berubah ketika bayi mulai mengembangkan lebih banyak kontrol. Banyak bayi baru lahir, terutama mereka yang disusui ibunya, mengeluarkan kotoran berwarna kehijauan atau kekuningan sampai mereka disapih. Tinja bayi yang disusui dengan botol akan mulai tampak lebih normal dalam beberapa hari. Diare sungguhan atau sembelit jarang terjadi; bayi-bayi yang disusui ibunya diyakini terutama bebas dari masalah-masalah yang berhubungan dengan tinja mereka. Empat sampai enam tinja sehari tidak aneh dalam bulan pertama; beberapa bayi mengeluarkannya setiap habis makan.
Dua masalah kesehatan yang nyata pada masa ini adalah infeksi dan alergi usus serta lambung. Ketika tinja sangat sering, berair (tidak hanya lembek), berbau tidak enak, dan hijau, hubungi dokter. Darah dan lendir pada tinja adalah tanda-tanda lebih jauh kemungkinan masalah, terutama jika darah itu hitam kemerahan.

Tidur

Bayi-bayi baru lahir mungkin tampaknya tidur hampir sepanjang waktu, tetapi penelitian terakhir menunjukkan bahwa sejak awal mula beberapa bayi tidur hanya 12 jam per hari. Mata mereka mungkin menutup hampir setiap waktu, tetapi para bayi seringkali menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka.

Masalah-masalah kesehatan khusus

Bayi-bayi yang lahir prematur atau dengan cacat terkadang dimasukkan langsung ke Unit Perawatan Intensif. Para orangtua yang bayinya berada di unit ini harus menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan mereka, menyentuh dan memeluk mereka jika mungkin dan mencoba memberi mereka rangsangan berarti. Prematur. Bayi yang lahir prematur beresiko mendapat sindrom kesulitan pernafasan, ketidak-matangan struktur dan fungsi beberapa organ, dan perdarahan otak. Mereka tidur lebih banyak daripada bayi yang lahir pada waktunya; sebenarnya, mereka sering tampak tidur hampir sepanjang waktu. Tangisan mereka lebih lemah dan bernada tinggi, gerakan mereka lebih menyentak, dan mereka sering tidak memberi tanda bila lapar. Refleks bayi prematur berbeda dengan bayi cukup bulan.
Lebih kecil dari normal.
Bayi-bayi yang lahir pada waktunya, tetapi lebih kecil dari biasa, dulunya dikelompokkan bersama dengan bayi prematur, tetapi kini diketahui bahwa keduanya merupakan masalah berbeda dengan ciri-ciri berbeda pula. Bayi normal yang berukuran lebih kecil dari biasa seringkali menandakan masalah kesehatan pada ibu, seperti plasenta (ari-ari) abnormal, atau masalah pada bayi, seperti kromosom abnormal.
Bayi-bayi dengan kecacatan. Beberapa bayi sewaktu lahir diketahui memiliki bermacam-macam kondisi atau kelainan yang memerlukan perawatan seumur hidup, dan bisa dihubungkan dengan berbagai tingkat kecacatan motorik dan mental. Berita bahwa anak mereka tidak sepenuhnya normal seringkali begitu menghancurkan bagi keluarga, sehingga mereka tidak mengerti maksud jangka-panjang dari diagnosa itu. Tantangan terbesar dokter anak adalah untuk bekerja sama dengan keluarga dalam menerima diagnosa dan memulai proses perencanaan yang tujuannya adalah hasil terbaik bagi sang anak. Keluarga-keluarga seringkali memperlihatkan kesukacitaan dan ketabahan yang mengagumkan dalam menghadapi penderitaan, ketika mereka diberitahu hal yang sebenarnya dan tentang bantuan medis dan sosial yang berkelanjutan. Nilai seorang dokter yang berpengertian dan selalu siap untuk bayi-bayi ini dan keluarganya tidak bisa dikatakan.

Kunjungan Pertama ke Dokter

Mendekati akhir minggu kedua adalah waktu yang baik bagi bayi-bayi untuk melakukan kunjungan pertama ke dokter anak. Pada waktu ini dokter akan memeriksa berat, tinggi, dan lingkar kepala si bayi, dan mencatatnya pada tabel pertumbuhan yang cocok dengan usia bayi (lihatlah tabel pertumbuhan di bagian ini). Garis kurva menunjukkan cakupan dimana ukuran bagi 90 persen dari semua anak akan jatuh pada usia tertentu. Yang terpenting bukanlah dimana posisi anak itu dalam tabel, tetapi angka pertumbuhan mereka selama masa beberapa bulan. Angka pertumbuhan seorang anak harus mengikuti kurva yang perlahan naik ke atas dalam tabel pertumbuhan. Dokter anak pada kunjungan pertama terutama akan lebih memperhatikan pertumbuhan bayi dan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin hendak ditanyakan orangtua. Seperti yang telah disebutkan di atas, apakah bayi itu bertumbuh hanya satu-satunya kalimat perkiraan yang bisa dibuat dokter anak pada saat ini. Dokter tidak pernah bisa meramal dengan tepat kecerdasan atau prestasi masa depan anak. Tanda perkiraan paling terpercaya untuk masa depan si anak adalah kewaspadaan dan tanggapan, ciri-ciri yang tidak bisa diukur dengan spesifik oleh dokter, tetapi yang seringkali bisa dinilai oleh orangtua



BAYI BULAN KEDUA

Inilah masa yang datar, waktu keluarga mulai menyesuaikan kehidupan dengan seorang bayi yang baru. Orang tua mulai tertata hidupnya dan bayi mulai masuk dalam pola perilaku yang dapat dikenali. “Saat-saat tenang” seorang bayi bisa berubah-ubah dengan masa-masa rewel selama waktu ini, dan bayi mungkin bisa menemukan cara untuk menenangkan diri dan tidak menangis terus: mengisap jari, bolak-balik, atau mencari dan menemukan mainan gantung di atas tempat tidur bayi. Nafas Tersumbat. Bayi yang normal pada usia ini tidak akan bernafas melalui mulut kecuali bila ia kekurangan udara. Akan tetapi, bayi mungkin akan mengalami hidung sesak sama seperti orang lain juga, karena udara kering, debu, atau bulu halus dari selimut. Alat pelembab di kamar bayi mungkin dapat membantu. Juga dapat membantu kalau tempat tidur bayi di bagian kepala dinaikkan beberapa inci sehingga bayinya dapat menelan udara yang keluar dari hidung. Kalau banyak lendir mengumpul di hidung, beberapa dokter anak akan menganjurkan agar beberapa tetes larutan garam (1/4 sendok teh garam dalam 240 cc air disterilisasi dengan mendidihkannya selama 3 menit) digunakan untuk membersihkan hidung tersebut. Namun, penanganan seperti ini umumnya belum diterima secara menyeluruh. Beberapa praktisi percaya tindakan ini hanya akan menambah iritasi hidung, dan menyebabkan produksi lendir lebih banyak lagi.

Menangis dan kolik. Pada bulan-bulan pertama, menangis sebenarnya hanya merupakan cara seorang bayi untuk berkomunikasi. Menangis sering menandakan rasa lapar, tetapi tidak selalu. Bayi mungkin merasa terlalu panas atau terlalu dingin, basah, takut, atau hanya merasa tidak enak badan. Bayi mungkin sering menangis khususnya selama beberapa hari setelah tiba di rumah dari rumah sakit, karena ia harus menyesuaikan diri dengan rutinitas baru. Bayi yang masih muda sering menangis lama meskipun tidak ada apapun yang terjadi. Beberapa dokter mengatakan bahwa seorang bayi tidak mempunyai cara lain untuk menenangkan diri atau keluar dari proses yang membuatnya lemah karena belajar tentang dunia ini. Bayangkan seperti apa ini, dengan tidak mengerti apapun yang dilihat atau didengar seseorang, tergantung pada orang lain untuk memperoleh setiap rasa nyaman dalam hidupnya. Tentu saja hidup ini melelahkan, dan menangis merupakan cerminan dari kelelahan tersebut. Bayi yang tidak rewel tidak tampak tidur seperti yang lainnya. Di Amerika Serikat, masalah nutrisi serius jarang merupakan alasan mengapa seorang bayi menangis, dan anak yang benar-benar kekurangan gizi akan terlihat lesu dan bodoh. Penyebab bayi menangis yang paling serius ialah infeksi telinga, gangguan pada perut yang mendadak akibat pencernaan yang tidak normal, atau infeksi (khususnya kalau disertai oleh demam). Akan tetapi dalam banyak kasus, ada tanda-tanda lain dari penyakitnya. Bayi tampak sakit dan sering memperlihatkan rasa tidak tertarik tiba-tiba akan makanan. Dalam situasi seperti itu, bayi sering tiba-tiba menangis.
Beberapa bayi di bawah usia 4 bulan menangis selama 12 hingga 14 jam per hari. Masalah yang mengganggu ini dikenal sebagai kolik, dan inilah suatu kondisi yang penyebabnya belum diketahui. Umumnya, kolik mulai pada usia 2 hingga 3 minggu dan menghilang antara bulan ketiga dan keempat. Beberapa bayi yang mempunyai kolik tiba-tiba menjerit; yang lain hanya menangis normal, tetapi selama berjam-jam baru diam. Bayi ini mungkin tampaknya sangat kesakitan, menarik kakinya dan mengeluarkan udara dari perutnya. Dokter anak bahkan tidak setuju tentang apakah kolik ini suatu penyakit atau tidak. Beberapa berpendapat hal ini terjadi karena sistem pencernaan yang belum matang atau gas dalam perut yang kronis; yang lain berpendapat hal ini merupakan kepekaan yang terlalu tinggi terhadap lingkungan yang berisik dan hiruk-pikuk. Memang kolik lebih umum ditemukan pada bayi yang aktif dan peka, dan dapat makin parah akibat ketegangan yang diakibatkannya dalam diri orang tuanya.
Kolik jenis ini tidak berbahaya kecuali disebabkan oleh suatu kondisi yang serius. Ini dapat dipastikan dengan melalukan pemeriksaan terhadap bayi, pengukuran suhu badan, kadang-kadang pemeriksaan feses (kotoran) untuk memastikan apakah ada darah, atau pemeriksaan radiologis perut. Salah satu penyebab serius kolik ialah intususepsi, yaitu terselipnya sebagian usus di atas yang lain. Hal ini menyebabkan pembuluh darah yang menyuplai darah ke usus menjadi kaku dan tersumbat dan, kalau tidak dibetulkan, akhirnya mengakibatkan kerusakan jaringan, penyumbatan usus, dan terdapat darah dalam feses.
Riset baru-baru ini di Swedia, yang mempelajari kolik pada bayi yang masih menyusui melaporkan bahwa kalau ibu tidak lagi meminum produk susu, kolik bayinya akan hilang, dalam sebagian besar kasus, hilang dalam delapan hari saja. Satu-satunya cara lain untuk menangani sebagian besar kolik ialah tindakan menenangkannya, seperti:

babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Meletakkan bayi tidur di atas perut ibunya
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Membungkus bayi dengan erat dalam selimut
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Menggendong bayi tegak atau dekat dengan dada dalam gendongan bayi
babies growth 0 - 9 months - Bunda Labibahs Membawa bayi naik mobil atau meletakkannya di atas mesin cuci yang sedang dihidupkan agar ia merasakan getarannya.


Kadang-kadang, obat diberikan untuk mencegah spasme (kekakuan) pencernaan, tetapi ini tidak selalu berfungsi dan tidak dianjurkan memberi bayi obat karena sebab yang belum jelas.
Beberapa dokter secara bercanda merujuk kolik sebagai suatu keadaan yang disebabkan oleh bayi dan yang akan mempengaruhi orang tuanya. Barangkali, salah satu masalah yang serius dengan kolik ialah bahwa keadaan ini mengganggu terbentuknya hubungan yang baik antara orang tua dan bayinya. Penting untuk dapat beristirahat dari stres yang disebabkan oleh bayi yang terus-menerus menangis. Caranya dengan kedua orang tuanya secara bergantian mengasuhnya atau dengan melibatkan pengasuh yang dapat dipercaya selama beberapa jam untuk beberapa kali dalam seminggu. Juga, cukup membesarkan hati bila kita tahu bahwa masalah ini selalu hilang sendiri hanya dalam beberapa bulan. Bagi orang tua, kunci utama dengan masalah kolik ialah bertahan sampai bayinya mencapai usia empat bulan, dan di sini kepastian dan nasihat dari dokter anak dapat membantu. Disintegrasi ego. Banyak bayi rewel setiap hari pada sore hari menjelang malam atau pada awal-awal malam hari. Ahli psikologi anak Anna Freud merujuk masa ini sebagai “disintegrasi ego”, yaitu suatu masa waktu bayi letih karena sepanjang hari mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dirinya sendiri, dan kehilangan kontrol atas keseimbangan emosional. Seorang bayi pada usia ini tidak tahu bagaimana harus rileks, dan dengan demikian akhirnya ia menjadi rewel. Sayangnya, masa-masa keras kepala ini sering terkait dengan masa dimana ibunya dan/atau ayahnya tiba di rumah dari tempat kerja, barangkali mengalami suatu disintegrasi ego mereka sendiri. Orang tua sebaiknya memahami bahwa kerewelan ini tidak ada kaitannya dengan penolakan bayi terhadap mereka; sebaliknya, ini merupakan bagian dari siklus normal dalam 24 jam. Orang tua sebaiknya didorong untuk bermain-main dengan bayinya walaupun mereka rewel. Ini dapat berubah menjadi suatu pertemuan yang menyenangkan, karena masa yang tidak biasa ini sering berubah tiba-tiba menjadi masa yang membahagiakan. Jatuh. Orang tua sebaiknya membiasakan diri untuk tetap memberikan satu tangan pada bayi setiap kali bayi ini berada di meja ganti atau di tempat lain yang memungkinkan bayi ini terjatuh. Sulit mengetahui kapan seorang anak akan belajar membalikkan tubuhnya. Sayangnya, karena tengkorak bayi masih cukup lunak dan sanggup menyerap hantaman karena jatuh, bayi umumnya sanggup menahannya dan tidak terluka meskipun ia jatuh dan sangat menakutkan di mata kita semua. Akan tetapi, kalau seorang bayi tidak memberi tanggapan setelah jatuh atau muntah, atau kalau pupil matanya tidak memberi tanggapan pada sinar langsung yang diarahkan, ia mungkin mengalami gegar otak atau suatu luka lain dalam otak, dan sebaiknya langsung diperiksa oleh dokter. Minum susu. Orang tua mungkin sangat tergoda untuk memberi makanan formula kepada bayi dan memasukkan botol ke mulut bayi dan kemudian meninggalkannya sendirian. Akan tetapi, tindakan ini sebaiknya dihindarkan. Bayi dapat saja tersedak waktu orang tuanya tidak melihatnya dan tidak mendengarnya. Selain itu, hal ini dapat sangat mengganggu peluang anak mengalami perkembangan normal. Minum susu merupakan masa-masa penting untuk melakukan komunikasi yang penuh kasih sayang bagi bayi dengan minum dari botol maupun dengan menyusu, dan kontak mata juga merupakan hal penting. Kalau dibiarkan sendirian bersama botolnya, ini merupakan tindakan dingin dan tidak menggairahkan untuk mendapatkan makanan, dan mungkin akan menyebabkan masalah perilaku di kemudian hari kalau makanannya menjadi satu-satunya sumber kegembiraan seorang bayi. Ruam kulit. Kadang-kadang pada usia antara minggu keempat dan kesepuluh, banyak bayi mengalami ruam seperti jerawat di muka maupun leher, yang terdiri dari benjolan kecil dengan ujung tengah berwarna putih. Ruam datang dan pergi, kadang-kadang makin buruk kalau bayinya panas atau menangis. Menurut pendapat orang, ruam ada hubungannya dengan perubahan hormon waktu hormon ibu hilang dari sistem tubuh bayi. Orang tua tidak perlu melakukan apapun tentang ruam ini, yang akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Garukan. Beberapa bayi mungkin menggaruk wajahnya, tetapi garukan ini akan cepat sembuh dengan atau tanpa pengobatan. Penglihatan. Para ahli berbeda pendapat tentang apa tepatnya yang dapat dilihat seorang bayi pada usia ini. Beberapa studi mengatakan bahwa bayi pada usia bulan kedua tidak dapat melihat benda sejauh 2 atau 2,5 m, tetapi banyak dokter anak dan orang tua beranggapan bahwa bayi ini sudah sanggup melihatnya, kalau mereka tertarik. Senyum. Pada akhir bulan kedua, sebagian besar bayi senyum pada sesuatu yang menyenangkannya dan mengeluarkan suara karenanya, bukan menangis. Mengisap jari. Bukan hal yang asing dan sangat umum terjadi kalau bayi pada usia ini mulai mengisap jarinya. Jenis perilaku ini merupakan tanda awal dan penting dalam hal kepuasan diri. Isapan jari bukan tanda kurangnya susu atau kurangnya makanan. Hampir setiap bayi perlu bahan isapan tambahan, dan jempol dan jari lainnya merupakan sumber alaminya. Dot merupakan pengganti yang tepat dan, beberapa dokter gigi percaya, lebih baik untuk perkembangan gigi untuk masa depan (tetapi hal ini masih mengundang kontroversi). Vaksinasi. Kunjungan kedua bayi ke dokter sebaiknya terjadi pada bulan kedua. Selain untuk meneruskan pengukuran pertumbuhan bayi, dokter akan memberikan vaksinasi pertama anak pada anak. (Vaksinasi hepatitis B mungkin telah dilakukan di rumah sakit tak lama setelah bayi lahir.)

BAYI BULAN KETIGA

Ini sering menjadi titik peralihan ajaib dalam perkembangan bayi. Sesuatu terjadi dalam sistem saraf bayi yang tampaknya menggantikan kebutuhannya menangis. Bayi memperoleh kemampuan berinteraksi dengan dunia dengan cara lain. Pentingnya tahap pencapaian ini ditekankan oleh fakta bahwa inilah usia ketika anak-anak, yang dipelihara dalam institusi dan tanpa mendapatkan rangsangan yang memadai, mulai memperlihatkan tanda-tanda kehilangan sesuatu.
Komunikasi. Bayi berusia 3 bulan mulai meraih segala sesuatu dengan kedua tangannya dan bukannya menangis lagi. Seluruh tubuhnya mungkin ikut merasakan kegembiraan karena melihat orang tertawa; bayi ini mungkin mendekut, menendang, dan meraih semuanya sekaligus. Bayi pada usia ini mungkin merengek pada waktu lapar, dan tidak lagi menangis, dan mungkin bahkan sanggup menunggu selama beberapa menit. Kemampuan menunggu untuk mendapatkan ganjaran/imbalan ini merupakan tahap penting, yang memperlihatkan tingkat pengertian dan kepercayaan yang belum terlihat pada bayi yang lebih muda. Minum susu. Minum susu juga akan menjadi saat yang menyenangkan. Sampai sekarang, minum susu merupakan waktu yang paling dapat dipahami, dan bayi mungkin memindahkan mulutnya dari puting susu ibunya untuk mengamati apa yang sedang terjadi di ruangan itu. Banyak orang tua mulai ingin tahu dalam bulan ketiga ini kapan memberikan makanan yang lebih keras. The American Academy of Pediatrics menganjurkan untuk menunda pemberian makanan keras sampai suatu saat antara bulan keempat dan keenam. Bagi seorang bayi, makanan keras dianggap sebagai sesuatu yang diberikan dengan sendok termasuk semua makanan bayi yang dihancurkan Esereal, buah-buahan, daging, atau sayuran Eyang dapat dibeli dalam botol atau disiapkan dengan menggunakan blender. Karena bayi memakannya dengan sendok, memakan makanan ini membutuhkan tingkat koordinasi saraf tertentu, suatu tingkat yang oleh beberapa bayi telah dilalui pada usia tiga bulan. Sejauh ini, sebagian besar masih pada tahap menyedot dan sama sekali tidak tahu bagaimana menggunakan lidahnya guna menelan makanan dari sendok. Sayangnya, pengenalan makanan keras sering ditanggapi dengan salah oleh orang tua sebagai sejenis tahap utama dalam perkembangan, dan persaingan pada orang tua mungkin tumbuh dalam hal bayi siapa yang makan makanan keras terlebih dahulu. Jenis persaingan ini sebenarnya hanya untuk menguntungkan orang tua, bukan anak itu sendiri, dan sebaiknya dihindari.
Makanan keras sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam botol, karena makanan ini dapat menyebabkan bayi tersedak. Pun tidak boleh makanan keras dicampur dengan susu, karena hal ini akan menaikkan jumlah kalori dan mungkin akan menjadi titik awal kegemukan di kemudian hari. Langkah terbaik ialah menunggu sampai bayinya siap menelan makanan dari sendok. Kemajuan fisik. Bayi rata-rata mungkin sanggup mengangkat kepalanya agak lama, dan tentu saja sanggup menahannya beberapa saat tanpa jatuh. Ia mungkin juga sanggup membantu mempertahankan bentuk tubuhnya waktu sedang duduk. Bayi berusia tiga bulan biasanya dapat mengikuti benda dengan matanya dalam lingkaran penuh 180 derajat. Bermain. Pada bulan ketiga, bayi normal mungkin menghabiskan waktu lebih lama untuk berbaring di atas punggungnya, bermain dengan jari atau mobil yang digantung di atas tempat tidurnya. Bayi dapat menangkap satu tangan dengan yang lainnya dan bermain dengan tangannya seolah-olah tangannya itu mainan. Bayi mulai mengerti bahwa tangan merupakan perpanjangan tubuhnya. Tidur. Pada bulan ketiga, seorang bayi akan terjaga lebih lama sepanjang hari, dengan beberapa kali tidur siang. Tidur pada malam hari biasanya berlangsung selama 10 hingga 11 jam, walaupun bayi ini mungkin masih membutuhkan menyusu pada malam hari. Siklus tidur bayi konsisten dengan karakternya: Seorang bayi yang aktif dan ribut mungkin akan tidur dengan aktif dan ribut. Tidur bayi juga tampaknya berlangsung dalam siklus, dengan masa tidur pulas berubah-ubah dengan masa tidur setengah pulas. Dan selama ini, bayi mungkin akan menangis, mengisap jarinya, menggoyang-goyang dan memukulkan kepalanya, bergerak kesana-kemari, dan tertidur lagi. Tidak perlu menanggapi semua suara ini. Paling sering bayi tidak benar-benar terbangun dan mulai tidur lagi tanpa bantuan orang lain. Manja. Beberapa anak tampaknya menangis hanya agar orang tuanya mendekat, dan orang tua harus memutuskan apakah menurutinya atau tidak. Anak yang “manja” bukan anak nakal, pun orang tuanya bukan orang tua yang buruk. Anak itu telah belajar sebelumnya bagaimana memanipulasi lingkungannya agar memuaskan keinginannya, dan menangis merupakan senjata utamanya. Orang tua tergerak menanggapi tangisan ini karena merasa bersalah, cinta, atau takut melukai bayi tersebut. Karena tuntutan anak akan semakin sulit dipenuhi, rasa bersalah orang tua dan amarahnya akan makin tinggi. Beberapa dokter anak berpendapat agar bayi tidak dimanja dengan digendong setiap kali ia menangis. Yang lain merasa ini hanyalah berlaku pada tiga bulan pertama. Yang lain lagi merasa bahwa orang tua yang selalu memberi respon terhadap tangisan bayinya tidak akan berubah setelah tiga bulan, sehingga lebih baik memberikan batas waktu hingga kapan perilaku ini akan berlanjut. Tidak seorang dokter pun menganjurkan meninggalkan bayi menangis tanpa diberi perhatian, tetapi begitu orang tua yakin bahwa tak ada yang salah, mungkin lebih baik membiarkan anak itu menangis untuk sementara. Dot mungkin membantu; banyak bayi yang tidak membutuhkan makanan akhirnya tenang dengan mengisap dot. Tapi banyak pula pendapat yang tidak menyetujui pemberian dot ini. Orang tua. Selama bulan ketiga, beberapa ayah mungkin tampaknya kehilangan minat akan hal-hal intim perkembangan bayi dan capai karena isterinya sama sekali tersita perhatiannya dengan bayinya. Ini tidak akan mungkin terjadi kalau sang ayah terlibat dengan perkembangan bayi hingga pada usia ini

BAYI BULAN KEEMPAT

Ingin tahu ? Usia 4 bulan merupakan awal kesadaran akan kedua sisi tubuh, dan ini mungkin merupakan akhir kesimetrisan gerakan. Bayi dapat memutar kepalanya untuk melihat ke banyak arah dan mengeluarkan beberapa suara yang dapat dikenali, terutama suara vokal seperti “ooh” dan “aah”. Selama empat jam perhari mungkin dihabiskan untuk menyedot (selain makan), yang mungkin menunjukkan pertumbuhan gigi awal tetapi mungkin hanya merupakan bagian normal dari makin tingginya keingintahuan tentang segala sesuatu. Rambut. Kalau bayi lahir dengan rambut, itu barangkali telah mulai gugur pada akhir bulan keempat, dan akan terus tumbuh selama beberapa bulan lagi. Rambut waktu lahir ada sedikit hubungannya dengan rambut permanen bayi dan bukanlah indikasi untuk warna rambut yang akan berlangsung terus. Karena rambut permanen mungkin tumbuh dalam waktu yang sama, sehingga rambut rontok mungkin tidak diketahui. Gigi Tumbuh. Pada beberapa bayi, gigi mulai tumbuh pada awal bulan keempat. Pertumbuhan gigi dimulai dengan gigi seri bagian bawah. Gigi yang muncul ini akan menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit pada gusi yang dapat dihilangkan sementara dengan cara menggosokkan jari yang bersih dan es ke gusi. Bayi mungkin mulai menggaruk gusi (yang membantu mengurangi rasa sakit) dan mungkin mulai menggigit-gigit. Apakah rasa tidak nyaman merupakan pertanda tumbuhnya gigi? Kalau tindakan menggosok gusi menyebabkan dia menangis mendadak, jawabannya ialah ya. Dengan terus menggosoknya, bayi akan merasa enak dan tenang. Dengan memberikan sedikit cairan bayi asetaminofen, rasa sakit bayi akan terobati untuk sementara. Tetapi hati-hati, gigi yang mulai keluar pada usia 4 bulan mungkin tidak akan benar-benar muncul selama berminggu-minggu.
Vaksinasi. Tahap kedua vaksinasi sebaiknya dilakukan dalam bulan keempat

BAYI BULAN KE LIMA

Penemuan. Ini adalah usia penemuan, usia menyelidiki berbagai hal dengan memainkan dan menirukan hal-hal tersebut. Mengamati sesuatu tidak lagi cukup; seorang bayi berumur 5 bulan hendak merasakan bentuknya baik dengan tangan maupun mulut. Seorang anak yang mungkin tampak siap memakan makanan padat mungkin masih lebih tertarik dalam menirukan bentuk-bentuk baru daripada mengkonsumsi makanan. Rentang perhatian untuk bermain, meningkat menjadi lebih dari satu jam.
Ruam alat kelamin dan popok. Menginjak usia 5 bulan, bayi-bayi menemukan dan memainkan alat kelamin mereka. Bagi orangtua atau kakek-nenek, hal ini mungkin sulit untuk diperhatikan dengan tenang, tetapi adalah bijaksana untuk menahan dorongan untuk mencegah kelakuan tersebut, yang merupakan bagian alami dari penyelidikan sang bayi. Mencoba melarangnya mungkin hanya mempertinggi keingintahuan sang bayi akan daerah yang baru ditemukan ini. Lecet dan borok di alat kelamin tidak disebabkan permainan ini tetapi karena ruam popok, dan harus dirawat dengan ketat. Solusinya adalah untuk menghindari popok berlapis plastik atau celana karet, tidak menggunakan deterjen keras atau pemutih ketika mencuci popok, dan sering mengganti popok (termasuk di tengah malam). Beberapa (tetapi tidak berarti semua) dokter anak menyarankan memakai bedak tepung jagung atau bedak bayi untuk menyerap amoniak dan membilas dengan cairan anti-amoniak sebelum mengeringkan popok. Mengoleskan salep pelindung pada lecet juga bisa dianjurkan. Membiarkan daerah tersebut terkena udara terbuka juga membantu; jika mungkin, biarkan bayi bermain tanpa popok di kain yang diletakkan di atas alas tahan air. Bila masalah berlanjut, hubungi dokter. Perkembangan fisik. Pada akhir bulan kelima, kebanyakan bayi bisa tersenyum dengan spontan. Mereka meraih obyek-obyek, dan bisa mendapat genggaman yang kuat bila anda memberi mereka giring-giring. Kebanyakan bayi bisa melihat dan memandang obyek sebesar kismis, dan mereka tertawa serta menjerit. Pada masa ini, bayi-bayi yang terutama aktif sudah akan mulai tumbuh melebihi kursi lipat mereka, dan bisa dengan mudah merosot atau merangkak keluar dari kursi tersebut. Keamanan. Bayi-bayi pada usia ini juga mulai mampu menemukan dan meniru obyek-obyek serta zat yang mungkin berbahaya. Orangtua manapun yang belum memeriksa rumahnya untuk keamanan bayi harus melakukannya sekarang. Setiap rumah dengan anak-anak harus memiliki sirup ipekak, yang digunakan untuk merangsang muntah pada kasus keracunan, dan daftar racun-racun serta penawarnya. Gunakan ipekak hanya setelah berkonsultasi dengan dokter atau rumah sakit terdekat. Ipekak diberikan sebagai satu sendok makan diikuti sampai 180 cc air atau susu, dengan dosis dan pemberian berulang 15 menit kemudian bila bayi belum berhasil muntah.
Tidur. Ini adalah usia dimana bayi-bayi mulai bangun sangat pagi, pada pukul 5 atau 6 pagi. Menjaga mereka tetap bangun larut malam hanya akan membuat orangtua, bukan si bayi, lebih lelah di pagi hari. Memaksakan pemberian susu tambahan waktu malam, yang mungkin tidak lagi diperlukan si bayi sekarang, juga takkan menolong. Hal satu-satunya yang bisa mencegah bayi berubah menjadi ayam jago adalah memasang tirai gelap di kamar tidur

BAYI BULAN KEENAM

Berceloteh. Pada saat ini, rata-rata anak telah mulai berceloteh sepanjang waktu. Walau orang tua mungkin tidak mengetahui banyak apa yang dikatakannya, bayi berumur 6 bulan bisa mengerti beberapa kata, dan mungkin membuat dua suara yang bisa dikenali – mama dan dada -walau keduanya belum mempunyai arti pada anak tersebut. Sembelit. Pengenalan makanan padat (lihat di bawah) mungkin dapat menyebabkan anak mengalami sembelit pertamanya. Darah terang di tinja dapat menyertai hal ini, yang menandakan luka di sekitar anus yang sedikit berdarah. Langkah pertama dalam merawat ini adalah melunakkan tinja dengan memberi bayi jus prem, prem, atau sedikit gula asli. Berikutnya, anus, harus dilapisi jeli petroleum dua atau tiga kali sehari. Bila tidak sembuh, bayi harus dibawa ke dokter. Kontrol. Beberapa bayi mungkin telah menemukan permainan yang menyenangkan dengan menjatuhkan barang, biasanya sebelum mereka menemukan keasyikan waktu mengambil barang-barang itu. Kegiatan ini biasanya mendatangkan respon dari orangtua, dan memberikan pengalaman awal dari suatu tindakan sebab-akibat untuk bayi, yang menikmati kontrol baru atas lingkungannya ini. Aktivitas tersebut juga mewakili kemajuan dalam perkembangan otot-otot halus pada tangan, yang disini sama dengan perkembangan otot-otot besar untuk daya gerak. Mata. Pada usia ini, warna mata seorang anak bisa diramalkan. Mata biru akan tetap biru. Mata yang diperkirakan coklat akan berubah menjadi warna seperti warna lumpur.
Makanan. Pada bulan keenam, hampir semua bayi siap untuk makanan padat. Tanda kesiapan adalah kemampuan bayi untuk menolehkan kepalanya atau mendorong tangan anda menjauh ketika ia tidak mau makan lagi. Beberapa alasan untuk menunggu sampai saat ini untuk memberi makanan padat telah disebutkan sebelumnya. Pada umur 6 bulan, sistem pencernaan sudah cukup matang untuk menangani kebanyakan makanan. Kendati begitu, susu ibu atau susu formula akan tetap menjadi makanan pokok diet bayi sampai berbulan-bulan kemudian.
Adalah ide yang baik untuk memperkenalkan makanan secara bertahap, tiap kali seminggu, dimulai dari bijiran sereal seperti nasi kering (bayi 6 bulan tidak siap untuk makanan dari gandum). Larutkan 1 bagian sereal ke dalam 6 bagian air. Jangan gunakan susu sapi karena ini menambah kalori dan bisa memicu reaksi alergi. Berkembanglah secara bertahap dalam pola ini menuju sayuran dan buah yang disaring. Dengan memperkenalkan makanan paling tidak seminggu sekali, anda mempunyai waktu untuk mengamati apakah ada reaksi alergi.
Makanan-makanan bayi terbatas bisa disiapkan di rumah, tetapi tentu saja kita harus memperhatikan secara cermat untuk memastikan bayi mendapat zat besi yang cukup. Bila ada pertanyaan lain tentang kandungan besi dalam menu bayi, gunakan sereal kering untuk makanan bayi.
Seorang bayi pada awalnya mungkin menolak keras makanan padat karena rasa dan teksturnya tidak sama. Karena bayi-bayi amat suka memainkan segala hal pada usia ini, akan membantu untuk memberi mereka sendok dan cangkir untuk dimainkan sementara disuapi. Pada kasus apapun, anak-anak mungkin lebih tertarik bermain dengan makanan mereka daripada memakannya. Pemberian makan harus menjadi sesuatu yang menyenangkan, bukannya suatu peperangan; bila anak protes keras terhadap makanan, berhenti mencoba dan tunggu beberapa hari lagi.
Pada mulanya, susu bayi atau susu formula akan terus menjadi makanan utama menu bayi. Untuk mempertahankan persediaan susunya, ibu yang menyusui harus membiarkan bayi mengosongkan susu pada satu payudara, lalu menawarkan bayi sedikit makanan padat. Ia bisa meneruskan dengan payudara satunya bila anak masih lapar. Alergi makanan. Reaksi alergi pada makanan bisa tampak seperti kesulitan pencernaan, tetapi ini mungkin juga meliputi pilek, ronki kering (wheezing), rewel, dan reaksi pada kulit yang beragam. Dengan diet eliminasi, orang tua bisa menarik makanan-makanan yang dicurigai menjadi penyebab alergi, menunggu gejala-gejalanya menghilang, dan lalu kembali menawarkan makanan tersebut. Bila gejala-gejala yang sama tiba-tiba muncul kembali, diagnosa alergi hampir dapat dipastikan. (Bagaimanapun, ternyata anak seringkali dapat menerima makanan penyebab alergi setelah beberapa bulan kemudian).
Jus jeruk terutama yang sering menyebabkan masalah; bayi-bayi memuntahkan jus ini dan terus melakukannya setiap kali ditawarkan. Sehari dua hari kemudian frekuensi buang air besar mungkin menjadi sering dan konsistensinya lembek, bayi mungkin menjadi rewel dan kembung. Beberapa orangtua menunda perkenalan dengan jus jeruk ini sampai bayi mampu minum dari cangkir, sekitar bulan kesembilan atau kesepuluh.
Banyak bayi yang lebih kecil dari 6 bulan alergi pada telur. Putih telur serta daging harus ditunda sampai belakangan hari karena protein makanan-makanan ini paling sulit dicerna. Perkembangan fisik. Pada usia ini, perkembangan anak akan menjadi jelas. Anak yang sangat aktif mungkin sudah mulai merangkak, menarik perut dan kakinya di sepanjang lantai dengan menggunakan tangan. Bayi aktif bisa duduk beberapa menit pada suatu saat, dan akan menyukai untuk menapakkan kaki setahap demi setahap ketika dipegang tegak lurus. Anak rata-rata bisa berguling sendiri, dan akan mampu duduk tegak lurus tanpa memiringkan kepalanya ke satu sisi. Anak rata-rata akan mampu bergerak ke belakang dan ke depan, membuat kebanyakan bayi terlalu aktif waktu diberi makan atau dipasangi popok pada tahap ini. Jangan mengharapkan bayi berumur 6 bulan untuk tetap diam. Keamanan. Bayi-bayi yang siap untuk makanan keras, juga siap untuk menelan obyek-obyek yang mereka sedang mainkan. Mereka bisa tersedak biskuit atau kue kering bila memakan makanan ini saat berbaring telentang; bayi tidak boleh disuapi apapun ketika sedang berbaring, ataupun ditinggalkan sendiri ketika makan. Untuk menarik obyek yang tertelan, pukul bayi di punggungnya, sambil memegangnya tengkurap di lutut anda. Anda bisa mencoba menariknya dengan jari, tetapi ini beresiko mendorong obyek itu lebih dalam. Sebagai upaya terakhir, coba manuver Heimlich. Gigi. Selama masa ini gigi susu atau permanen seorang bayi yang tidak terlihat sedang menjalani pembentukan email. Bayi-bayi pada umur ini harus diberi sedikit air berfluoride atau tetesan fluoride bersama menu sehari-hari mereka. Fluoride diserap ke dalam lapisan terluar email dan membuat gigi bayi lebih tahan terhadap lubang. Vaksinasi. Pada bulan keenam bayi harus mengunjungi dokter lagi dan menerima putaran ketiga vaksinasi rutin

BAYI BULAN KETUJUH


Pemberian makan. Karena ketangkasan manual bayi yang meningkat, waktu makan seringkali menjadi permainan. Para bayi mungkin hendak makan dengan tangan atau menyapukan makanan di seluruh alas dada, atau membiarkan makanan meleleh perlahan menuruni dagu mereka. Mustahil untuk mengatakan apakah hal ini menggambarkan suatu eksperimen dengan tekstur tubuh atau hanya untuk menggoda ibunya. Namun, apa yang tampak seperti ketidak-tertarikan pada makanan mungkin harus dilihat sebagai tahap penting dalam perkembangan kebebasan. Kebanyakan bayi tampak lebih tertarik makan dengan jari-jari mereka, dan cukup bijaksana untuk mengikuti keinginan ini. Tidak diperlukan kekhawatiran tentang gizi yang “baikEpada tahap ini sebanyak yang dikira orangtua.Kebutuhan harian minimum yang mutlak untuk diet yang sehat pada tahap ini adalah (1) 0,57 ml susu atau setara dengan keju, susu dingin rendah lemak, atau pengganti kalsium; (2) 30 cc jus segar atau 1 buah; dan (3) 29 gram protein yang mengandung zat besi, seperti dalam telur atau daging. Daripada mengubah waktu-waktu makan menjadi peperangan dan makanan menjadi simbol sesuatu yang lain, seorang anak harus mulai belajar memenuhi kebutuhannya sendiri. Ini mungkin adalah waktu yang baik untuk memulai peralihan bertahap ke pemberian cairan dalam cangkir. Cara bijaksana untuk memulai adalah dengan menawarkan bayi sedikit susu ibu atau susu formula dalam cangkir, dan secara bertahap meningkatkan jumlah yang diminum dari cangkir sementara jumlah susu dari payudara atau botol dikurangi. Pada bulan ke-10 atau 11, bayi bisa meminum kebanyakan cairan dari cangkir.
Permainan. Seorang bayi pada usia ini mungkin juga menemukan permainan menyenangkan menjatuhkan sesuatu dan meminta orangtua mengambilkannya. Memungut barang yang jatuh lagi dan lagi mungkin memberikan kegembiraan besar pada seorang anak, tetapi melakukannya jauh lebih tidak menarik bagi orangtua. Tidak ada jalan untuk menyarankan seberapa sering orangtua harus menyerah pada tingkah laku yang jelas-jelas mempermainkan ini.
Kemajuan fisik. Pada bulan ketujuh, banyak bayi telah mulai berjalan-jalan dan tidak bisa lagi ditinggalkan sendiri dengan aman. Kemampuan merangkak meningkat, walau beberapa bayi lebih suka menyeret pantat di lantai. Banyak juga yang sudah mulai menarik diri mereka ke posisi berdiri, suatu pengalaman yang mungkin mereka rasa sangat menyenangkan tetapi juga sedikit menakutkan pada mulanya, karena mereka belum tahu bagaimana menurunkan diri mereka. Jangkauan lengan dan tangan juga banyak meningkat. Bayi menggunakan setiap tangan terlepas dari lainnya, mungkin tanpa memilih tangan yang disukai. Kebanyakan bayi suka membanting mainan atau obyek lain bersama-sama, dan membandingkan perbedaan ukuran atau bentuk mereka. Bayi juga mungkin tertarik menusuk barang-barang. Semua colokan listrik yang tidak terpakai di rumah kini harus dibungkus dengan plastik.
Pertumbuhan gigi dan telinga. Pertumbuhan gigi biasanya aktif selama masa ini. Gigi pertama, di rahang bawah, biasanya adalah yang terburuk. Selain meraba-raba gusi dan mulut, bayi suka meletakkan jari-jari di telinga mereka. Bila mereka terus menariki satu telinga dan tampak lekas marah atau terganggu, mereka mungkin memiliki infeksi telinga dan harus diperiksa oleh dokter.

BAYI BULAN KEDELAPAN

Waktu tidur. Bayi-bayi pada usia ini bisa jadi sangat bandel, terutama ketika mereka lelah. Hanya sedikit anak-anak yang ingin berhenti bermain ketika waktu tidur tiba, tetapi tentu saja anda tidak boleh membiarkan buah hati anda menjadi sangat lelah. Di sisi lain, bayi yang sangat aktif mungkin hendak bangun di tengah malam. Tidak ada cara menyelesaikan untuk masalah ini. Beberapa orang tua akan mengikuti jejak bayi; sedangkan sebagian lain menolak pergi ke kamar tidur setelah bayi ditidurkan. Selimut. Pada usia ini, banyak bayi telah mendapat mainan, selimut atau guling yang mereka bawa kemana-mana bersama mereka. Kebiasaan ini sepenuhnya normal, dan merupakan tanda yang sehat bahwa bayi menemukan jalan untuk menjadi lebih tidak tergantung secara emosional sejalan dengan meningkatnya kemandirian fisik. Bila anak terus tersandung di atas selimut tercintanya, potong saja separuh. Jangan khawatir, selimut itu akan tetap dicintai walaupun tinggal separuh (dan yang menguntungkan juga salah satunya bisa dicuci sementara yang lain dipeluk). Bila untuk beberapa alasan perasaan sayang lebih baik dialihkan ke obyek lain (misalnya, bila suatu boneka atau mainan kesayangan memiliki bagian yang bisa tertelan), sematkan atau jahit obyek yang disukai kepada penggantinya, sampai yang baru mulai sama tuanya, sama baunyaEdan sama disukainya seperti yang lama.
Pemberian makan. Pada tahap ini, seorang bayi mungkin mulai menggunakan makanan dengan agresif, menolak ditaruh di kursi bayi, melemparkan makanan kemana-mana, dan meminta makan dari piring yang lain. Ini bukan waktu untuk mencoba memaksakan makanan pada seorang anak, karena ia bisa mulai menggunakan makanan sebagai cara mengetes orang tua mereka. Bila bayi terus-menerus mengganggu waktu makan keluarga, mungkin lebih baik bila ia diberi makan terpisah. Kemajuan fisik. Betapa jauhnya perkembangan bayi rata-rata pada usia ini! Sekarang, kebanyakan bayi bisa menyuapi diri mereka sendiri dengan roti kering dan bermain cilukba. Usaha untuk mengambil sebuah mainan darinya bisa mendapat perlawanan; dan bila sesuatu diletakkan di luar penglihatan atau jangkauan, bayi akan mencoba mencarinya. Bayi bisa dengan mudah memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain, dan mungkin menirukan beberapa suara yang dibuat oleh orang dewasa ketika bermain dengannya. Sejak dulu, bayi sudah belajar bagaimana duduk tanpa bantuan dan menahan sebagian beratnya ketika dipegang berdiri. Keamanan. Bulan ini adalah waktu untuk melakukan prestasi yang menakjubkan bagi seorang bayi, tetapi bisa juga menjadi waktu frustrasi dan kecemasan bagi orang tua. Kebanyakan bayi suka pada segala sesuatu yang bisa mereka raih. Bila bergerak, mereka bisa mudah terluka jika terperangkap. Inilah waktunya untuk memeriksa kembali seluruh rumah untuk keamanan bayi. Bukan ide buruk untuk turun ke lantai dan merangkak-rangkak sedikit untuk mencari bahaya apa yang bisa mencelakakan bayi.
Anak-anak kecil lain, yang menyadari kecenderungan bayi untuk melahap apa saja, bisa mulai menawarkan hal-hal seperti cacing, pil, dan benda-benda lain yang tidak sesuai. Seperti disebutkan, bayi-bayi bisa terperangkap dalam keadaan berdiri dan tidak tahu bagaimana untuk duduk kembali; karena tidak tahu bagaimana harus menekuk tubuh, mereka bisa jatuh langsung ke belakang dan mendapat benturan keras di belakang kepala.
Orang tua dinasehatkan agar memastikan ada karpet lembut di bawah perabotan apapun, dimana bayi mungkin ditempatkan atau menarik dirinya berdiri. Mungkin bijaksana juga untuk mengajari bayi bagaimana untuk duduk dari posisi berdiri, dengan menekuknya perlahan di bagian pinggang berulang-ulang sampai ia tahu caranya. Alat penahan benturan di ayunan juga merupakan ide yang bijaksana.
Mengetes bahaya tidak selalu tak disengaja. Bayi-bayi mungkin belajar bagaimana menguji orang tua dengan minat mereka pada daerah-daerah bahaya, jadi inilah waktu bagi para orang tua untuk mulai belajar bagaimana menetapkan batasan-batasan. Penting bagi orang tua untuk memutuskan “pertempuran” mana yang layak dipertarungkan, karena sikap yang terlalu keras mungkin akan membahayakan bagi si bayi.

BAYI BULAN KESEMBILAN


Makanan. Suatu saat antara bulan kesembilan dan keduabelas, bayi-bayi yang masih menyusui mungkin mulai kehilangan minat untuk itu, dan ini adalah waktu yang tepat untuk mengangkat mereka dari rasa bosan. Pada beberapa kasus, penyapihan secara psikologis mungkin sebenarnya lebih sulit untuk ibu, yang menyadari peningkatan kebebasan bayinya. Bayi-bayi yang sudah makan makanan padat mungkin kini siap menerima daging dan jus buah. Kemajuan fisik. Pada tahap ini, banyak bayi bisa duduk sendiri dan mencapai posisi berdiri dengan sedikit usaha. Dengan munculnya kemampuan baru ini, mungkin hadir pula pemahaman dan mungkin ketakutan akan ketinggian. Namun, anak-anak biasanya merasakan kegembiraan dalam usaha untuk berdiri, dan bisa jadi akan berkeras untuk berdiri pada waktu makan dan dipakaikan baju. Bayi yang amat aktif mungkin telah merangkak dan belajar memanjat tangga. Turun tangga jauh lebih menakutkan daripada naik, dan bayi mungkin terhenti beberapa langkah ke atas. Memasang karpet tangga adalah ide yang baik; memasang pagar di atas dan di bawah tangga adalah penting. Dengan kemampuan untuk duduk dan membungkuk ke depan dengan tangan bebas, seorang bayi 9 bulan memiliki kebebasan penuh untuk menjelajahi seluruh tubuh dan menemukan kesenangan dalam latihan ini. Kecemasan saat dipisahkan. Suatu waktu pada usia ini, hampir setiap bayi mulai menangis saat dipisahkan dari orang tua, dan mungkin terus menempel dengan putus asa atau menangis dengan memilukan bila akan dipisahkan. Orang asing merupakan hal yang menakutkan dan tidak bisa dipercaya bagi bayi, terutama jika mereka memandangnya. Sebelum “cobaan” seperti kunjungan ke relasi, barangkali membantu untuk memperingatkan tuan rumah dan berbicara dengan si anak serta merangkulnya erat-erat selama kunjungan tersebut. Gigi. Kadangkala bayi tidak menumbuhkan gigi sampai hampir akhir tahun pertama atau bahkan sesudahnya. Namun, masalah-masalah yang menyebabkan gigi tak sehat sebenarnya seringkali berasal dari bulan-bulan awal atau bahkan sebelum kelahiran. Membiarkan bayi tidur dengan botol susu dapat menimbulkan kerusakan gigi, yang disebabkan interaksi antara bakteri di mulut dan gula pada susu atau jus. Kontak terlalu lama dengan gula akan mendorong pembentukan plak, yang akan menyebabkan kerusakan gigi.
Walau gigi pertama hanya “gigi susu”, yang diharapkan tanggal pada umur 6 atau 7 tahun, kondisi gigi susu tersebut menyiapkan suatu tahap untuk gigi tetap. Bila gigi ini tanggal dini akibat kerusakan, gigi permanen bisa salah tumbuh dan, selain tidak menarik untuk dilihat, mungkin tidak berfungsi dengan baik. Juga, gigi yang rusak pada usia berapapun seringkali terasa sakit dan bisa mengganggu nutrisi yang normal.
Pada usia dini, dot atau tidak menggunakan apapun lebih baik daripada botol susu untuk menenangkan atau menidurkan bayi. Bila bayi biasa mendapat botol pada waktu tidur, cobalah mengisinya dengan air. Paling tidak, ambil botol ketika bayi sudah tidur.
Fluoride adalah cara yang murah dan efektif untuk mencegah kerusakan gigi. Bahan ini paling mudah dimasukkan dalam air minum. Bayi-bayi menyusui seharusnya menerima suplemen fluoride.

BAYI BULAN KESEPULUH

Membantu. Bayi berumur sepuluh bulan seringkali bisa mulai membantu berpakaian, mengangkat tangan dan kaki, dan banyak dari mereka bisa mengenali bagian-bagian badan dari namanya. Namun, anak-anak pada usia ini masih terlalu kecil untuk berpakaian sendiri.
Kebebasan. Beberapa bayi pada usia ini mulai mengetes kebebasan mereka dari orang tua, merangkak menjauh tetapi sering mengecek kembali untuk melihat apakah orang tua masih di sana, atau memanggil untuk memastikan bahwa orang tua masih ada di kamar sebelah. Bayi-bayi yang berhati-hati akan mencoba petualangan seperti berdiri sendiri atau merangkak menaiki tangga, dan pergi hanya sampai tahap dimana mereka bisa dengan mudah turun kembali. Kemajuan fisik. Pada bulan kesepuluh, hampir semua anak bisa menarik diri mereka ke atas dan berdiri sementara berpegangan pada sesuatu, dan banyak yang dapat berjalan di sisi jalan sambil berpegangan pada perabot seperti sofa. Kebanyakan bayi bisa menarik diri mereka dari posisi berbaring ke posisi duduk tanpa bantuan. Beberapa bisa berdiri sendiri, setidaknya untuk sementara. Mungkin tampaknya bayi-bayi akan pertama merangkak, lalu merayap, kemudian berdiri, dan akhirnya berjalan. Tetapi bayi-bayi cenderung belajar untuk berdiri dan lalu merayap, seolah mereka merasakan keperluan untuk mempunyai lebih banyak pengalaman tingkat dasar sebelum berjalan tegak. Bergoyang. Bayi-bayi yang baru disapih mungkin menunjukkan ledakan mendadak dalam perkembangan motorik selama bulan ke-10. Mereka mungkin juga mulai menggoyang badan mereka, terutama ketika pergi tidur. Ini jelas-jelas sama dengan kebutuhan untuk mengisap jempol. Mencoba menghentikan perilaku bergoyang ini bertentangan dengan kebutuhan anak; bila goyangan dan benturan-benturan ayunan mengganggu keluarga, minyaki ayunan, pasang roda karet, dan letakkan karpet tebal di bawahnya. Ayunan di kursi goyang dengan orangtua, dan dongeng menjelang tidur, bisa pula menolong. Saudara-saudara. Kakak perempuan atau laki-laki adalah aset yang hebat untuk perkembangan seorang anak, memberikan bayi rangsangan dan teman yang tidak bisa diberikan orang tua pada anak tunggal. Ada contoh-contoh yang bisa ditiru bayi, dan kakak bisa memberi bantuan tak terhingga untuk ibu yang sibuk dalam menjaga anak. Namun, saudara bisa juga menjadi masalah dan bahkan bahaya untuk bayi kecil.
Bila saudara si bayi belum masuk usia sekolah, pengenalan bayi ke dalam keluarga bisa menjadi sebab kecemburuan, sikap memusuhi, dan kompetisi. Orang tua harus mengalihkan emosi-emosi ini menjadi ekspresi yang tidak membahayakan atau bahkan menguntungkan. Kakak-kakak bayi seringkali hendak menyentuh atau menyolok bayi. Hanya sedikit kemungkinan terjadinya bahaya kecuali mereka menusuk keras sekali pada mata, mulut, telinga atau bagian kelamin.
Sebenarnya, begitu si kakak mulai menunjukkan minat pada bayi, adalah ide baik untuk memeriksa bayi bersama-sama, menunjukkan pada si kakak bagaimana mengayun dan menimang-nimang bayi dengan lembut. Bila si kakak bisa diikutkan dalam segala sesuatu yang diperbuat orangtua dengan bayi sejak dini, ia tidak akan merasa disisihkan.
Menyusui mungkin terutama menyusahkan untuk seorang anak pra-sekolah, yang mungkin amat cemburu pada perhatian yang diterima si bayi. Si kakak mungkin bahkan berusaha menyusu pada payudara yang lain. Tanggapan tepat untuk hal ini adalah menenangkan dan
‘memanjakanEsi kakak, bila mungkin selama menyusui, daripada ketakutan atau tindakan memarahi. Tentu saja, orangtua harus mencoba menyisihkan waktu khusus untuk memperhatikan anak yang lebih tua sesering mereka bisa.
Ketika seorang bayi berada pada tahap kritis belajar berjalan, beberapa kakak senang mengganggunya atau bahkan membuatnya jatuh. Ini bisa jadi tanda persaingan yang disengaja, dan kehati-hatian harus diambil untuk mencegah perbuatan semacam itu. Tetapi anak-anak memerlukan cara yang kurang-lebih tidak membahayakan untuk mengekspresikan persaingan mereka, dan bayi tidak akan menderita dari keharusan untuk mengulang lagi.
Pada sisi lain, anak-anak seringkali senang dengan permainan yang diperlukan bayi untuk mempraktekkan ucapan-ucapan sederhana dan permainan manual, dan bisa menahan pengulangan jauh lebih lama daripada orang tua. Selama kakak mengerti bagaimana menghindari dari tindakan melukai bayi, permainan mereka bersama si bayi harus didorong.
Latihan buang air. Banyak relasi atau pengasuh bayi yang “kuno” mungkin mulai membuat ibu yang lebih muda merasa kekurangan bila ia tidak melatih buang air anaknya mendekati akhir tahun pertamanya. Pada beberapa kebudayaan, anak-anak secara rutin dipaksa berlatih buang air di tahun pertama mereka.
Pertanyaan-pertanyaan di sekitar latihan buang air selalu sulit, tetapi tampaknya paling baik untuk anak bila praktek itu tidak dipaksakan padanya. Mungkin ada sedikit kontrol otot sfingter (otot yang dapat dilatih untuk menahan keluarnya air seni) pada bayi berusia 10 bulan, tetapi itu masih merupakan suatu refleks. Hanya sedikit bayi yang cukup matang untuk memerlukan atau memahami latihan buang air di bulan kesepuluh. Pada usia ini mereka mungkin menurut dengan pasif, tetapi konsekwensinya cenderung untuk menjadi suatu tindakan perlawanan dan penahanan tinja pada usia tahun kedua.

BAYI BULAN SEBELAS

Kaki dan Sepatu. Kaki anak mungkin kelihatan aneh pada tahap ini. Kebanyakan anak kecil mulai berdiri di atas apa yang tampak seperti kaki yang tergulung. Ketika mereka mulai menyeimbangkan dengan kaki-kaki terbuka lebar, kaki-kaki tersebut membengkok keluar dan mereka kelihatan seperti bebek berjalan.
Jangan takut. Ketika anak kecil belajar berjalan, mereka mendapat keseimbangan, tidak lagi perlu langkah yang lebar, dan memiliki kaki dan lengkung yang lebih kuat. Sewaktu belajar berjalan, anak kecil perlu bisa mencengkeram dengan jari-jari kakinya; sepatu dengan sol sangat lunak atau kaki telanjang jauh lebih bagus dari sol keras.
Kemajuan Fisik. Kebanyakan bayi berusia 11 bulan sedang menuju ke langkah pertama kemandirian, meskipun kebanyakan tidak akan mendapatkannya di bulan ini. Kebanyakan bayi usia ini akan telah menggunakan alat bantu jalan mereka sendiri dari kursi yang ringan atau kereta bayi.
Bayi umumnya akan dapat menjatuhkan dan memungut mainan dengan satu tangan sambil disanggah oleh tangan yang lain. Beberapa ahli dalam membesarkan anak tidak menyarankan penggunaan alat bantu berjalan (walker) karena banyak menimbulkan kecelakaan dan mungkin menghambat perkembangan otak-otot mereka. Sebaiknya bila anda ingin menggunakannya juga, janganlah terlalu sering.
Kebanyakan bayi menunggu sampai usia ini untuk mulai “menjelajah”, berjalan kesamping sambil menarik badan mereka sepanjang tempat tidur atau sofa dengan tangannya.
Sampai bulan kesebelas, kebanyakan anak mengetahui sedikit kata-kata dan dapat menyebutkan nama barang, meskipun mereka masih berbicara tidak keruan. Anak pada usia ini memiliki pegangan keras, dengan jempol dan telunjuk, dan tidak mengalami kesulitan memegang benda kecil seperti kismis. Mereka juga tidak kesulitan untuk meletakkan benda-benda kecil di mulut. Sebaiknya menjauhkan benda-benda semacam itu dari mereka karena ukurannya cocok untuk menyumbat tenggorokan bila si anak menelannya. Anak-anak pada usia ini mungkin bisa memakai kaus kaki dan melepaskan tali sepatu sendiri.
Ya dan Tidak. Sekitar usia ini, kebanyakan bayi mulai menyadari perbedaan antara baik dan nakal, dan untuk mencoba kata tidak. Inilah pola yang akan menjadi sangat lumrah pada bagian awal tahun kedua. Sekitar ulang tahun pertama, seorang bayi mungkin mulai berkata “tidak” secara terus menerus, diikuti oleh gelengan kepala. Anak-anak kecil sangat menyenangi hal ini dan mereka mungkin menolak untuk digantikan baju, menolak makan, menolak mandi, dan seterusnya.

BAYI BULAN DUA BELAS


Makanan. Banyak keanehan umumnya terjadi pada masa ini: Seorang anak mungkin saja benar-benar menolak makanan yang 6 minggu sebelumnya dia lahap dengan nikmat. Dietnya dapat terdiri dari makan pagi yang baik, makan siang yang tidak terlalu baik, dan tidak makan malam sama sekali.
Tindakan paling bijak pada saat ini kemungkinan adalah untuk membiarkan si bayi memuaskan dirinya sendiri. Tak seorangpun anak akan sanggup kelaparan sampai membahayakan dirinya bila diberikan makanan yang baik dan cinta kasih. Seperti disebutkan dalam bulan ketujuh, seorang anak akan mendapat gizi yang cukup dengan diet yang kelihatannya sedikit.
Negatifisme. Negatifisme pada tahun kedua dimulai dengan gencar pada kebanyakan anak, dan merupakan perilaku yang mengherankan. Seorang anak yang benar-benar aktif mungkin mulai rewel pada malam hari dan berteriak tanpa dapat diredam ketika dihadapkan dengan keputusan yang paling sederhana sekalipun, seperti apakah akan memakan sepotong buah.
Kebanyakan orang tua baru tidak mengerti kelakuan-kelakuan ini, dan sangat sedikit dari mereka yang bisa benar-benar membantu pada saat seperti ini. Kerewelan ini mencerminkan kebingungan si anak dalam belajar membedakan antara ya dan tidak, milikku dan milikmu, dan baik dari buruk. Biasanya biarkan saja sampai rewelnya selesai, dan bersiaplah untuk meyakinkan seorang anak yang lelah dan kebingungan.
Berbicara. Jangan putus asa bila sang bayi belum juga berbicara. Satu dari empat anak yang normal dan sehat belum bisa mengucapkan tiga kata-kata orang dewasa (selain “mama” dan “papa”) sampai 4 atau 5 bulan setelah ini. Alasan satu-satunya untuk cemas adalah bila anak tidak menoleh ketika mendengar suara orang dan tidak menirukan suara-suara. Ini mungkin pertanda adanya masalah pendengaran.
Berjalan. Ketika ulang tahunnya sudah dekat, banyak anak yang sudah mantap bereksperimen dengan mencoba berjalan, meskipun mereka lebih suka merangkak kesana kemari. Ketika bayi terjatuh ketika belajar berjalan, tangisan yang terjadi biasanya karena kecewa dan bukannya kesakitan; mereka hanya perlu diyakinkan dan mencoba lagi. Umumnya, bayi tidak memerlukan sepatu berjalan yang keras, dan orang tua sebaiknya tidak membelikan bayi usia 1 tahun sepatu “yang besar agar nantinya pas”. Bila si bayi berjari kaki panjang atau sering tersandung, biarkan dokter memeriksa langkahnya. Bayi mungkin terlihat memendek beberapa milimeter ketika mereka mulai berdiri karena tulang belakangnya menyesuaikan dengan postur baru ini.
Pertambahan Berat. Bertambahnya berat mungkin mulai stabil untuk sementara karena si bayi lebih mementingkan bergerak daripada makan, dan lebih giat berolah-raga. Pada saat bersamaan, si bayi mungkin belum benar-benar mencernakan makanan padat. Semua ini normal, dan bekas makanan yang tidak dicerna dalam tinja biasanya tidak perlu dicemaskan.

About these ads

Satu Tanggapan

  1. assalamualaikum..
    mb saya mw knalan ne, skaligus crita2 biar bisa tambah temen. sebelumnya makasi atas infonya..saya jadi punya ilmu baru d…makasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 113 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: