Aneka Penyebab Telat Haid

DARI KECAPEKAN HINGGA POLA MAKAN

Datang bulan tidak teratur? Pasti tak sedikit wanita yang pernah mengalaminya. Sebetulnya, ini wajar mengingat penyebabnya pun amat beragam. Antara lain, perubahan berat badan, pola hidup, serta obat-obatan. Kapan keterlambatan itu mesti diwaspadai?

Belakangan, Ayu sering mengeluh pada teman karibnya. ”Mens saya sekarang sering telat, nih. Gimana ya?“ Apa yang dialami Ayu pasti banyak juga menimpa wanita lain. Secara umum, menstruasi atau haid yang sering telat tidak perlu dikhawatirkan. Kenapa? Untuk menjawab pertanyaan ini ada baiknya jika kita pahami dulu proses terjadinya haid atau yang juga populer dengan istilah datang bulan.

Menstruasi adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium.

Di bawah pengaruh hormon estrogen, endometrium pun jadi tumbuh menebal, menantikan datangnya sel telur. Ibaratnya lapisan tebal endometrium ini seperti karpet atau tanah subur yang siap menanti datangnya sel telur atau okulasi. Pada puncak pertengahan siklus haid yang optimal, terjadilah pelepasan sel telur. Nah, saat itulah bila ada sel sperma masuk, sel telur dan sperma ini bersatu menjadi zygote (bakal janin) dan menempel pada endometris yang sudah mencapai ketebalan maksimal tadi.

Proses seperti ini akan berulang setiap bulan, sepanjang tidak terjadi pembuahan yang menghasilkan zygote. Pada waktunya, tumbuh lagi selaput yang baru. Dengan kata lain, karpet tadi digelar lagi, lalu tanggal lagi, begitu seterusnya.

PENGARUH DIET DAN OLAHRAGA

Jadi, menstruasi sebetulnya sesuatu yang normal, sehingga semua wanita mengalaminya. Pada setiap wanita, siklus haid ini pun bervariasi. Rata-rata berjarak 28 hari, namun bisa juga sampai 42 hari. Jika sampai terjadi keterlambatan pun, semisal sampai 3-4 bulan, juga tak perlu terlalu dikhawatirkan. Tapi disarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis. Apalagi kalau telat sampai 5-6 bulan.

Sering orang salah mengerti, kalau sampai 3 atau 4 bulan tidak haid, mereka menyangka darahnya bisa mengumpul di dalam, menggenang, dan lama-lama bisa berbahaya. Padahal jika tidak haid, berarti tidak ada pendarahan bdi dalam tubuh. Tidak mens berarti tidak ada endometrium yang lepas. Jadi bukan berarti ada darah yang mengumpul. Darah baru keluar jika selaput lendirnya lepas. Jika tidak lepas, ya tidak berdarah. Jadi jangan khawatir.

Lantas apa saja yang menyebabkan mens telat? Penyebabnya bisa bermacam-macam. Bagi yang masih belum menikah, penyebabnya bisa karena terlalu lelah. Contohnya, belajar terlalu keras bagi yang masih sekolah atau kuliah, atau berolahraga kelewat berat. Sebaliknya bisa juga terjadi pada mereka yang biasa berolahraga dan menghentikan kebiasaannya secara tiba-tiba. Pola makan pun bisa mempengaruhi siklus haid. Misalnya, mereka yang biasa makan banyak dan mendadak diet. Ini akan membuat tubuh stres. Atau bisa jadi badan kurus jadi gemuk. Pokoknya, tiap ada perubahan berat badan mencolok.

Jenis-jenis obat tertentu juga bisa mengusik pola haid, terutama obat-obatan yang mengandung hormon. Contohnya,obat untuk mengatasi gatal-gatal atau obat sakit telinga. Begitu pula obat-obatan KB atau suntik KB. Baru setelah berhenti minum obat, haid akan kembali lancar. Keterlambatan haid lebih sering dialami mereka yang masih gadis, karena pola okulasinya belum teratur. Hanya saja, kalau sudah terbiasa haid kemudian haidnya tidak ada, harus bertanya pada diri sendiri. Jangan-jangan pernah minum obat tertentu.

SULIT PUNYA ANAK

Kasus yang perlu diwaspadai adalah gadis remaja yang belum juga mendapat haid. Terlebih jika usianya sudah mencapai 17 tahun. Jika ini terjadi, sebaiknya segera lakukan pemerikasaan. Sebab, bisa saja ada kemungkinan selaput darahnya tertutup rapat. Normalnya, selaput darah itu mempunyai lubang-lubang. Kalau tertutup rapat, dia mungkin bisa haid, tapi haidnya tidak bisa keluar. Nah, yang ini memang betul darahnya bisa mengumpul di dalam.

Untuk yang sudah menikah, keterlambatan haid dapat disebabkan oleh kemungkinan baru selesai melahirkan atau menyusui. Ada pula kemungkinan karena terserang infeksi, termasuk penyakit infeksi akibat hubungan seks. Bagi yang berusia di atas 35 tahun, juga mesti waspada terhadap adanya tumor indung telur.

Ada juga wanita yang mengalami perdarahan di antara dua masa haid. Kalau ini terjadi pun harus segera diperiksakan. Perdarahan yang terjadi dengan siklus kurang dari 21 hari jelas tak normal, terutama bagi yang sudah tidak gadis lagi. Kalu mereka yang masih di bawah umur 20 tahun, mungkin hanya karena gangguan hormon.

Benarkah haid yang tidak teratur menyulitkan punya anak? Pandangan ini tidak selalu tepat. Sering terjadi, pasien wanita ingin punya anak tapi menstruasinya tidak teratur. Lalu dia datang ke dokter minta agar menstruasinya bisa dibuat teratur sehingga bisa punya anak. Ini tidak selalu bisa. Sulit punya anak tidak selalu berkorelasi dengan siklus haid.

Sebagian kasus menstruasi yang tidak teratur bisa diatasi dengan menjalani pola hidup yang teratur pula. Bagi yang mengalami ketidakteraturan secara mendadak, sebaiknya jangan stress, tidak merokok, apalagi minu-minuman beralkohol. Makan, bekerja, dan tidur hendaknya teratur. Seringkali orang lupa istirahat. Maunya kerja saja terus dengan mengabaikan tubuh yang sudah lelah.

Akan tetapi, ada pula yang mengalami ketidakteraturan menstruasi sejak awal. Mereka yang mengalami hal seperti inilah yang perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis. Misalnya haidnya yang datang hanya 4 bulan sekali. Saran lain adalah jangan minum obat sembarangan. Juga, biasakan secara teratur datang ke dokter kandungan

PERBANYAK MAKAN BUAH DAN SAYURAN

Selain haid tidak teratur, hal lain yang kerap mengganggu kaum wanita adalah nyeri menjelang menstruasi atau pada saat haid. Rasanya seperti mulas bercampur keramketika darah sedang keluar. Rasa nyeri ini merupakan sesuatu yang wajar, karena dinding rahim saat itu sedang berkontraksi atau mengkerut untuk mengeluarkan gumpalan darah.

Nyeri ini lebih terasa pada wanita yang belum pernah melahirkan. Pasalnya, mulut rahim mereka masih kecil, sehingga rasanya seperti orang yang sedang melahirkan. Inipun sesuatu yang normal. Kecuali bagi wanita yang memang sangat sensitif, yang rasanya bisa sangat menyiksa. Namun, biasanya setelah menikah dan memiliki anak, ini akan hilang.

Akan tetapi, jika nyeri itu hebat dan berkepanjangan, p;erlu diwaspadai adanya kemungkinan ia menderita endometriosos. Dalam hal ini, sel-sel bagian dalam rahim tumbuh tidak di dalam rahim, tapi juga di luar. Misalnya, di ovarium atau saluran tuba yang sangat menyakitkan.

Jika nyeri menjelang haid begitu hebat sampai terasa melumpuhkan, sebaiknya segera periksa ke dokter. Terlebih bagi yang sudah berhubungan badan, karena mungkin merupakan suatu gejala infeksi. Nah, bila terjadi pelekatan organ genitalia internal akibat dari infeksi tersebut, dampaknya bisa menyulitkan punya anak.

Pusing yang menyertai menstruasi juga merupaka hal yang wajar. Pasalnya, wanita yang menjelang haid biasanya memang mengalami pre-menstruasi tension atau ketegangan menjelang haid. Efeknya antara lain perasaan tertekan, jerawatan, payudara nyeri, badan sakikt-sakit, perut serasa kembung, bengkak,ada rasa nyeri. Makanya, jadi lebih gampang marah atau sebaliknya dan perubahan emosi lainnya.

Semua itu, wajar-wajar saja dan tidak berbahaya. Untuk mengurangi kondisi yang tidak nyaman ini, dianjurkan mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, bumbu penyedap, atau terlalu banyak mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung minyak. Perbanyaklah makan buah dan sayur, cukup makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi serat.

About these ads

67 Tanggapan

  1. saya telat datang bulan dah 3 bulan,apakah saya hamil?
    oh ya kalau kangker vagina menyebabkan telat datang bulan g?

  2. maaf mbak, aq mw nanya, aq udah 3 bulan ga haid, apa mungkin gara2 berat badan yg berlebihan ?????
    berat badan aq 90kg.
    d jawab ya.

  3. mbak Erlina …tolong bantu saya punya keluhan… karena saya menderita gangguan fungsi ginjal kata dokter saya ga blh hamil… eh tau tau hamil.. trs kata dokter ga boleh krn alasan medis .. sy nurut trs, tp stlah itu malah udah 2 bulan ini ga menstruasi…. gimana dong mbak…. tks.. salam, diana

  4. saya dah 2 bulan ga mens, kenapa ya… padhal biasanya teratur. Dijawab ya mba … Thanks before

  5. mbk,,
    sya kmren dtang buln tgl2-8,,kiraen sya udah mampet
    tp seminggu ini keputhan sya agk g normal
    jdi msh ada flak” coklat gt
    udah seminggu ini,,ktanya tu msh dlm siklus haid z?
    apa penyebabnya n bhaya ga?

  6. mbak aku dah ga haid selama 3 bulan aku sudah menikah dan pernah hamil, tapi pada usia kandunganku 3 bulan aku keguguran dok. bil penyebabnya hormonal, setelah kuret aku kb 3 bulan kt dok. biar kandungan ku kuat dulu baru hamil lagi stlh itu minum penyubur semejak minum penyubur haid ku jadi ga teratur pdhl aku g punya riwayat haid g teratur kira2 penyebabnya apa ya mbak, apa karena stress ingin punya anak lagi atau obat penyubur itu ya… mohon jawabanya thanks,

  7. sejak awal mens’ku emang ngga’ wajar,2 bulan sekali. tapi kurang lebih 2 th belakangan mens’ku malah lebih gak wajar, suka telat sampai 3 ato 4 bulan sekali. ada apa denganku?? thanks before..

  8. ass wr wb. met jumpa mbk.Erlina. mau tanya nich,aku dengan suamiku udah punya anak selepas dari melahirkan 5 bulan kami mencoba baesenggama namun suami ku tidak pakai alat kontrasepsi dan aku juga ga KB tapi kebiasaan kalau suami mau horney penis langsung ditarik dan sesaat kemudian sperma dibuang diluar vagina atau disemburkan dibaju.Teapi sampai 2minggu aku belum haid,apakah hubungaan seperti itu bisa bikin hamil?kan sperma ga masuk dan ga ketemu sel telur saya.kok bisa terlambat haid yaaa.bls trimakasih

  9. met sore M’Erlina. mau tananya nich, sku sempat telat haid 3 hari tp haid saya keluar cuma 2 hari itupun berbtk kental (sprt Ati). tp kata tukang urut aku yg khusus hamil, aku lagi hamil…pghl aku da tespack tp negatif. dia blg klu hamil dipegang n di raba keras
    tp klu ga hamil dipegang itu kaya rembesan air. apkh saya bisa diblg hamil.tp gejala sprt laper, pusing setiap pagi n malam, suka keram juga saat tidur.
    klu saya kedokter apa yg harus saya tanyakan ke dokter? apakah perlu di USG? TQ M’ Erlina. saya tunggu ya jawabannya

  10. mbak, saya sdh 3 bulan tidak haid, saya blom menikah & masih gadis. perlukah saya periksa ke dokter.apakah penyakit maag akut bisa berpengaruh terhdp ketidak lancaran haid tsb???
    mhn saranya.

  11. Mb, sya ud gx m 2 blan, tp sy jg blm prnh brhub, it knpa y mb??
    Tp prt sy knpa kmbung gto??
    Ap in pnykt
    thx for reply

  12. saya wanita usia 23 th saya baru menikah dan terakhir haid 21 oktober terakhir haid, sekarang 11 november saya tak kunjung jua haid, perutpun kelihatan agak membesar, kaya orang ngidam, hasil tes negativ, nah…ada apa yah dengan saya????

  13. saya wanita usia 23 thn baru merried sebulan yang lalu. jujur saya ingin menunda kehamilan dulu krn adanya suatu kontrak kerja yang tidak menharuskan hamil dulu. oleh itu saya mengkonsumsi pil KB, tp kenapa haid saya jd ga lancar dan saya uda telat 2 minggu, setelah di tes kiehamilan hasilnya negatif. nah saya mau tanya apakah dengan mengkomsusi pil KB dapat menyebabkan haid jd ga lancar, dan KB apanya yang baik saya pake dan haid saya bisa lancar seperti waktu saya belum nikah dulu??? tolong ya jawabannya dan sarannya, terima kasih

  14. saya umur 27 thn dan baru aja nikah, saya mau bertannya, setelah beberapakali melakukan hubungan intim dengan suami haid saya gak datang – datang udah sampai dua bulan ini, biasanya gak ada kendala dengan masa haid saya, cek kehamilan juga udah saya coba tapi hasilnya negatif, apakah terlambat bulan saya diakibatkan karna berhubungan intim dengan suami saya dan bagaimana solusinya,,mohon dibalas ya

  15. saya umur 20 th. saya sudah telat hid selama 51 hari. selama tidak haid saya mengalami keputihan. kemudian saya juga pernah melakukan tes sebanyak 2 kali, tapi hasilnya negatif. tapi saya juga sering mengonsumsi obat gatal setiap 1 kali dalam 2 hari. Apa ini yang menyebabkan saya tidak haid? Tolong jawabanya. terima kasih banyak sebelumnya

  16. hai ..mbak, saya punya msalah dengan mentruasi,dah 13hr saya telat datang bulan…hal ini tidak biasanya terjadi,kenapa y mbak? say bingung dan was was….apa penyebab ny ya? tolong kasih jalan keluar nya mbak….
    apa karna saya stres?

  17. Mbak, aq mo tny, 3bln ini sy g haid, ju2r sy sdh prnh b’setubuh dgn pcr sy dah 1 thn. Awal ny haid sy normal, tp sjk haid t’akhir, sy blm haid. Sperma pcr sy slu d buang d luar. Sy sdh test khmln, hsl ny negatif, usia sy 17thn. Sy tkt banget mbak, tlg d jwb y mbak. Trmksh jwbn ny

  18. dear Ibu erlina,

    bu, aku dedi suaminya dari Eti.
    istriku punya siklus haid tak tentu dan paling sering dua kali dalam sebulan. tapi sekarang agak aneh badannya gemuk dan haidnya terlambat dah dua bulan lebih tapi pas di test kehamilan menyatakan negatif.

    bgaimana dengan hal seperti itu, perlukah saya bawa ke dokter kandungan lagi perlukah sya pakai test kehamilan sebelum ke dokter dan tanda jadi kehmilan untuk yang haid tidak normal

    tank Q

    Dedi

  19. salam kenal,

    mba saya mau tanya, saya sudah menikah 1 tahun tapi blom punya anak. 3 bulan yang lalu saya telat haid 2 bulan terus saya ke dokter, dan di kasih obat setelah minum obat itu saya dapet haid. tapi sekarang saya telat haid lagi, saya udah telat 1 bulan 4 hari dan saya tes ternyata ga hamil. itu normal ato ga???gimana saya ngatasiinnya??mohon sarannya ya mba erlina.

    makasih.

  20. mbak saya sudah melahirkan setahun yang lalu. bulan ini sudah hari ke 37 saya belum haid juga dan perut terasa sakit lemas dll? apakah saya hamil lagi?
    ditunggu jawabannya loh makasih.

  21. mbak apakah jika kita melakukan hubungan intim tp masih mengenakan pakaian bisa mengakibatkan kehamilan?

  22. met siang..
    udh 1mggu ni sy tlat mens,pdhl biasanya lancar..
    trz sy jg sembelit,badan sring nyeri,trz pyudara tmbh bsr..
    apa mgkin sy hamil?
    coz 3mggu yg lalu sperma cow sy tumpah di clana sy (di bagian yg mnutupi vagina sy). sblm it,cow sy jg sempat raba vagina sy. ap mgkin sy hamil? krn saat it sy sdg dlm masa subur?
    Tlg djwb y mbak

  23. kenapa haid bisa ga lancar apa pengaruh yang memungkinkan haid tidak lancar.

  24. mbak saya sudah 8 tahun menikah,saya suka terlambat haid sampai kurang lebih 2 minggu ,saya kirain hamil ,eh taunya keluar menstruasi lagi,jadi kesimpulannya ada apakah pada kandungan saya ?kemudian saya melakukan pemeriksaan apa saja agar segera punya keturunan?

  25. Apakh berhubungan badn menyebabn telat datang bulan,2 bulan lalu saya melakukan hub intim dgn pacr saya,tp 2 buln it saya periksakan ke dokter hasilny negatif

  26. mba, saya mau tanya
    kponakan saya dah telat haid hingga 4 bulan.dan ia mash msuk tahun pertama haid. apakah penyebabnya dan berbahaya apa tidak? terus gmn cara mengatasinya?
    mksh sblmnya

  27. Met mlm…mbk sy mw tny,sy telat datg buln da 1minggu,pdhl sy tdk pernh telat.n saat telat ini bdn sy tdk enak,nafs makan berkurang,mual,n pusg,n ahr2 ni keputhn sy berlebhn. Tp kt doktr mag sy kambh..apakah btul?n apakah in termasuk gejala hamil?thanks,bls yaa..mbk..

  28. sya mgang sperma cwok saya yang udah nggabung dicelana ga lma kmudian saya megang vagina saya(luarnya bkan dlm’ya)sma clana dlm sya saya ngelakuin itu 1 hri sblm haid sekara sya tlt 3 hri,apa saya hml?emg sperm bsa jalan dri luar rahim kedalam rhim?

  29. sya mgang sperma cwok saya yang udah nggabung dicelana ga lma kmudian saya megang vagina saya(luarnya bkan dlm’ya)sma clana dlm sya saya ngelakuin itu 1 hri sblm haid sekara sya tlt 3 hri,apa saya hml?emg sperm bsa jalan dri luar rahim kedalam rhim? tlg’ya

  30. Mba,ak mau nanya nih. ak umur 13.
    Ak udh ga dpt m selama 3 bulan,ak ga pnh berhub yg mcm2 apalg ak blm punya cwo.
    tp knp ya ak kok pusing2 gt gara2 ga dpt m? udh gt sk lemes lg… apa berat bdn yg berat bgt itu ad pengaruhnya?
    help me….
    bls ya,mbak~

  31. dok saya udah telat 1minggu?
    apa kemungkinan saya hamil, tapi selama saya berhubungan selalu memakai pengaman!

  32. saya sudah terlambat haid kurang lebih 7 hari. awalnya siklus haid saya 28 hari namun sekarang ini siklus haid saya lebih dari 30hari. 2 bulan belakangan ini siklus haid saya berubah menjadi 32hari. apakah ini normal?? atau ada yang salah dengan rahim saya.
    apa yang harus saya lakukan? apa saya harus periksa ke dokter?

  33. mau tanya ne, mba…
    saya pernah pendarahan setelah sebulan melahirkan sampai sekarang belum haid juga (5bulan umur bayi saya) kenapa ya padahal dah coba tes pack dua hari yang lalu hasilnya negatif. kenapa ya ?

  34. ass mbak saya mau tanya istri saya udah tlat 1 hari, apakah dia bsa dkatakan hmil, tapi padahal stiap kli kami berhubngan saya ngak pernah lo msukin sperma saya, tapi emang sich saya ngak pernah pakek alat kntrasepsi tolong, tapi mbak biasanya payudaranyakan sakit klo mau haid,trus prutnya sring sakit tapi pling lama cma 5 mnit trus badannya kok tiba2 melar

  35. mau nanya nih,istri saya sudah hampir 1 bulan g dpt,trakhir berhubungan badan bulan februari lalu.Setau saya kehamilan itu bisa terjadi kalo ada sejumlah besar sperma masuk ke ovarium,tp sepengetahuan saya sperma yang keluar tidak terlalu banyak,apa mungkin tetap bisa terjadi kehamilan??

  36. Mba,mau tanya..
    Sy sudah tlat 10 hari…Dan keputihan..Apakah bisa di katakan hamil. Tpi sya sering telat…
    Tolong di jwb ya,trma kash..

  37. ass. Saya sudah menikah dan punya 1 orang anak. usianya baru 8bln. Saya mendapatkan haid lagi 4bln setelah melahirkan. Selama ini haid saya selalu lancar tiap bulan. tapi baru bulan ini saya belum telat haid sampai 2 minggu. setelah dicek pake tespek hasilnya negatif. kira2 knp ya saya telat haid & bagaimana solusinya?

  38. mBak Sya mau tanya umur saya baru 17 thn tapi kenapa udah 2 bulan saya telat haid apakah saya? tolong jawab yah mbak

  39. hi mba,…
    thanks ya udah share artikel diatas…

    saya umur 19 nich mba, dan udah 3 bulan ini siklus haid sy g’ tetap, alias telat terus…. sempet cemas jg, karena bulan ini saya udah telat 8 hari dari biasanya… sya takut hamil, padahal sy g’ pernah buat yg begituan….

    tapi ini normal kan yach?

    Mohon pencerahannya mba, ke email z03r4@yahoo.com

    sukses mba! ;)

  40. ass.
    2 de point ajah yah :)
    saya sering telat mens sampai” selama 5-8 bulan . takut banget nih ada apa yaahh ?

    thx before .

  41. Ass…
    Saya sudah menikah punya putri 1 usia 22 bulan. Saat ini sudah 2 Minggu saya telat haid..hasil test urine negatif. tapi menurut tkg urut saya…saya hamil karena di sekitar rahim agak keras…ada keluhan mual & muntah juga tapi karena saya sering masuk angin susah juga membedakannya..
    Mohon jawabannya ya mba hamilkah saya? trus apakah jarak anak ke 1 dan ke 2 tdk terlalu berdekatan dng kasus spt saya? Terima Kasih
    (email saya lizie.qi@yahoo.co.id)

  42. malam mba,..
    saya sudah telat datang bulan sekitar dua minggu, memang sebelumnya sya berhubungan dengan cowo saya, namun biasanya menggunakan pengaman, apakah saya hamil mba??? dan sore hari ini saya mengeluarka darah segar ??? knapa ya mba ?? apakah berbahaya??? tolong di jawab ya mba.. saya tunggu ya mba….terima kasih banyak..

  43. saya remaja berusia 19 thn dan sering mengalami mslh dtg bulan. Utk informasi, saya mendptkan haid utk pertama kali di usia 13 thn. Tidak seperti kebanyakan remaja yang mengalami masalah pada awal2 masa menstruasi,di haid pertama saya, saya tidak mengalami rasa sakit sama skali dan haid saya selalu teratur.
    Kondisi berubah ketika saya memasuki usia 16 tahun. Mulai usia itu, haid saya sering tdk teraturdan seringkali merasakan nyeri samapai mengganggu aktivitas (tp tdk sampai pingsan). Yang ingin saya tanyakan, apa yang sebenarnya terjadi dengan diri saya. apakah hal ini harus diperiksa lebih lanjut?terimakasih.

  44. Dear.mba
    Umurku 23thn.Ak dah tlt haid kr2 2 bulan,,trus prtku klhtn gndt,dan sktr payudara trasa skt,,tp sblmna ak prnh petting ma cow ku,,tp akhirna ak haid,,tp skrg tlt 2 bulan,,ap da kmgknan ak hamil atau ada sebab lain? Tlg d bls,scptnya ya mba

  45. ass
    mb aq mau tanya bulan ini udah telat haid selama 2 mingguan pdhl g pernah ngapa2in……. trus sekarang jd srih keputihan tapi g berbau……
    trus bdan rasanya g enak jd tambah gendut, trus perutnya sakit ky mau dapet tp g dapet2…. kira2 knp y? strezzz neh mikirinnya ampe jerawatan.
    TQ

  46. umurrku 21th. ak msh kuliah dah 2bln ne haidku ga teratur,krn sblan 2x haid dan itu hanya berjarak seminggu. kira2 knp ya n brbahaya ga? trus makanan yg baek ap? trimakasih sblmny

  47. Selamat siang mba,mba aq mau tnya,aq knpa blm datang haid y,smdh mau 2 bln,pdahal aq sdh disuntik u/ memperlancar haid,tpi blm dteng jg dan brt bdn aq naik dri 46,skrg 50.mba tlg djwb prtnyaan aq n tq.

  48. mba.saya mau tanya. sudah 2 bulan belakangan haid saya tdk teratur, tepatnya maju skitar 5 hari setiap bulannya. jadi saya biasanya haid skitar tgl 26-27, tiba2 bulan kemarin saya haid tgl 18, dan bulan ini saya haid tgl 13.
    apakah itu dikarenakan stres atau kecapekan? berbahaya ga? usia saya 18tahun dan sedang kuliah sambil kerja magang. terima kasih banyak sebelumnya.

  49. mbak, saya mau tanya, ibu saya sudah lama sekali haidnya tidak teratur, sebulan bisa 2-3 kali dan tiap datang bulan katanya perut dan punggungnya bisa nyeri, bahkan kadang tidak berdaya, jadi cuma istirahat di tempat tidur. tolong diberi penjelasan karena ibu saya tidak mau diajak periksa ke dokter, katanya sudah biasa dan tidak jadi masalah. Tapi saya benar-benar kawatir. Terima kasih

  50. Saya wanita usia 37 tahun dan sudah punya satu anak usia 4 tahun , saya terlambat bulan sudah hampir 4 bulan ini. sudah 3 kali saya test pack (Andalan) hasilnya negative. Apa yang harus saya lakukan???
    Thanks

  51. hi cc Erlina…….

    sy bingung ni kq 2 bulan terakhir ini sy sering telat mens???

    sy jd khawatir apa nti sy gk subur ya???

    brat sy ada mw 60 kg n tggi sy 157cm…………………….

    mgkn sy akan gk subur????

    takut ni…………………… tolong kasih tau solusiny……

    thx bgt ya cc

    • kalau menurut saya masalah kesuburan itu tergantung pada pola makan anda. asupan gizi yang anda makan sudah seimbang apa belum.anda tergolong orang yang sibuk atau tidak ? karena biasanya terlalu sibuk dengan aktivitas yang anda lakukan berpengaruh pada siklus haid anda yang biasanya teratur jadi jarang haid. Saran saya lebih baik anda hindari stress anda dengan berbagai kegiatan yang relax seperti berjalan-jalan,kurangi kesibukan anda supaya haid anda menjadi teratur kembali.

      • pola makan saya teratur,masalah pekerjaan tidak terlalu sibuk atau mungkin saya stress karena saya terlambat haid n pas di tes ternyata tidak hamil, obat yg membatu kesuburan ada ga ya??

  52. email sy: senoby_love@yahoo.com

  53. mens terakhir aku 26 januari sampai hari ini aku blm haid tp setiap di tes kenapa selalu negatif dan kenapa tidak hamil,penyebabnya telat knp ya dan kira2 ak bisa hamil tidak/

  54. mba’.. mo tanya nih..
    perubahan siklus haid itu ada ngga disebabkan krn bertambahnya usia???biasanya siklus haid saya 28 hr & teratur. 2 mggu sblm haid saya mengalami keputihan yang wajar tapi sampai skrg haid saya koq ngga nongol2 jg ya mba’…& udh telat 3 hari (belum menikah & tidak melakukan hub seks)

    Mohon beri penjelasan ya mba’

  55. mba’.. mo tanya nih..
    perubahan siklus haid itu ada ngga disebabkan krn bertambahnya usia???biasanya siklus haid saya 28 hr & teratur. 2 mggu sblm haid saya mengalami keputihan yang wajar tapi sampai skrg haid saya koq ngga nongol2 jg ya mba’…& udh telat 3 hari (belum menikah & tidak melakukan hub seks)

    Mohon beri penjelasan ya mba’

  56. Mbak, saya mau tanya.. umur saya 20th, sejak pertama kali menstruasi saya tidak pernah telat haid lebih dari dua minggu sampai dengan 2 bln yang lalu. Tetapi, saat ini, sudah hampir 4 minggu saya terlambat haid. Hal ini membuat saya stress.. memang pola makan akhir2 ini tdk teratur.. apakah mungkin krn ketidak teraturan pola makan saya??
    Apakah benturan pada kepala bisa mempengaruhi siklus menstruasi??

  57. sya shinta…

    mo tnya, sya udh telat dtg bulan 2 minggu…

    itu knp ya???

    apa mugqin itu hamil???

  58. Halo mbak, saya mau tanya..

    usia saya 23 tahun dan hingga saat ini saya belum mempunyai siklus haid yang teratur. Siklus haid teman-teman saya biasanya 28 hari. tapi, siklus saya bisa 28 – sampai lebih dari 30 hari. bulan ini saja saya sudah telat 12 hari (dibandingkan dengan bulan lalu).

    saya bingung mbak. kira2 ada apa y? karena dari awal haid (12 tahun) hingga sekarang saya belum bisa menentukan siklus saya.

    oiya, saya juga belum pernah berhubungan (intercourse). mungkin penyebabnya lebih ke stress, karena saya termasuk workoholic. atau karena obat diet yang sedang saya konsumsi saat ini.

    adakah cara agar saya bisa mendapatkan siklus haid yang teratur?

    terima kasih mbak erlina..

    p.s: blognya menarik!

  59. aLLoW Mba….
    Mba Q Mau Tanya NeCh…,qO Q BeLuM HaiD Lagi YaCh…
    KmaRiN SeMpEt HaiD SeBuLan LaLu Saya PeRiKsa,HaiDNya LaNcar,Eeh Dah SeBuLan LeBiH Nggak HaiB???
    KeNaPa Yach…………….????????????????
    MakaCiH YaCg MBak……

    ThaNkS Mba ErLiNa…….(“,)

  60. mbak saya uda 2bln telat, saya minum pil tuntas karena takut hamil.
    tapi saya belum pernah berhubungan seks. tapi hanya sekedar saling penting(sentuh2an)
    apa saya hamil?(saya sudah test dengan SENSITIF 2x tapi negatif)
    apa sebabnya?
    apa yang harus saya lakukan?
    adakah obat yang bisa diminum untuk mengatasi ini?

    mohon bantuanya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 113 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: