Kuliah Bidan

Kehamilan Adalah Anugerah, untuk itu harus diselamatkan, kehamilan merupakan jalan menuju generasi berikutnya, generasi harus lebih baik dari genarasi sebelumnya, generasi yang akan meneruskan, menyambung asa.

Maka selayaknya jika proses regenarasi tersebut direncanakan, dimonitoring oleh ahlinya, supaya proses tumbuh kembang generasi dapat seperti yang diinginkan.

Bidan adalah seseorang yang telah menempuh pendidikan bidan yang diakui oleh negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi izin untuk menjalankan praktek kebidanan. Ia harus mampu memberikan supervisi, asuhan, dan memberikan nasehat yang dibutuhkan kepada wanita selama masa kehamilan, persalinan, dan masa pascapersalinan, memimpin persalinan atas tanggung jawabnya sendiri serta asuhan pada bayi baru lahir dan anak. Asuhan ini termasuk tindakan preventif, pendeteksian kondisi abnormal pada ibu dan bayi, dan mengupayakan bantuan medis serta melakukan tindakan pertolongan gawat darurat pada saat tidak hadirnya tenaga medis lainnya.

Sebagai salah satu profesi dalam bidang kesehatan, Bidan memiliki kewenangan untuk memberikan Pelayanan Kebidanan (Kesehatan Reproduksi) kepada perempuan remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, bersalin, nifas, masa interval, klimakterium, dan menopause, bayi baru lahir, anak balita dan prasekolah. Selain itu Bidan juga berwenang untuk memberikan Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Masyarakat.

Blog ini mencoba menjembatani bagi calon Bidan dalam mendapatkan referensi-referensi kebidanan, sehingga dapat menjadi tenaga kesehatan yang handal dan selalu mengabdikan keilmuannya untuk masyarakat.

Berat ya tugasnya?? yg penting buat para calon bidan, belajar yg tekun ya!! jgn terdengar paraji berkurang, AKI AKB masih tinggi. gara” bidan kurang tanggap ma masalah ibu hamil, bersalin, nifas, n BBL..

Erlina Mustika Febrianti

67 Tanggapan

  1. saya mau bertaya ..

    saya siswa kls 3 SMA ..
    apakah bisa anak IPS masuk kebidanan ?
    mau melanjutkan ke sekolah bidan ..
    sekolah bidan yg dapat saya masukkan apa yh ?
    saya blm tw bagaimana tentang sekolah kebidanan ..
    mohon diberikan petunjuk ..
    trima kasih ..

    • duh… p’tnyaan yg bgus
      aq dlu jg b’tnya2 pa dr IPS bs msuk kebidanan???
      t’nyta jrsan wktu SMA itu tdk m’pengaruhi sama skali.
      km bs msuk BIDAN koq’,yg pntg km da niat to bljr sungguh2.
      coZ aq ndri jg dr IPS…
      klo mnurut aq bgus dr IPS,coz dlm kuliah kebidanan lbh byk menghafal….
      jd km jgn ptuz asa yach…
      good Luck for U…

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Bagus banget contentnya..
    apalagi kalo dibuat detail tiap semester

    Salam kenal

    TQ

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  3. Assalamu alaikum wr.wb. Salam kenal buat ERLINA MUSTIKA PEBRIANTI. Sebelumya aku mohon maaf,karena udah lancanag menulis diruang komentar ini, dan saya sangat salut dgn cara kamu membuat blog secantik ini, atau mungkin karena orangnya cantik ,maka blognya banyak pengunjung. Eh ngomong-ngomong saya boleh nda berteman dgn kamu? Yach sekedar tukar pengalaman dalam hal internet, ataupun pengalaman dlm hal profesi kamu. Kalau kamu setuju ,tolong dong di kirim nomor HP Kamu,nanti saya akan nelpon kamu, dan ini nomor HP saya: 085657269862. Ok,trims sebelum kamu menjawab permintaan aku.RAMADHAN YA RAMADHAN dan MINAL AIDIN WALFAIDIN, MOHON MAAF LAHIR BHATIN. Salongo, Sulawesi Utara.

  4. salam kenal.
    Blog yang bagus.
    Terima kasih atas informasi kesehatan yang sangat membantu.
    Semoga lekas lulus dan cita-citanya tergapai menjadi dosen. Jangan lupa melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi ya.

  5. Kenapa kamu memilih jurusan kebidan dari jurusan yang lain.

  6. ALLAHU AKBAR ALLAH AKBAR…Takbir yg berkumandang
    Ketika senja mulai menghilang dan fajar mulai menyingsing,kemenangan telah tiba….! dari jauh aku bersimpuh maaf segalah tulisan yang menoreh hati luka,janji yang terabakan,sikap yang menyakitkan.
    SELAMAT
    HARI RAYA
    IDUL FITRI
    Minal Aidin wal faijin
    Mohon maaf lahir bathin. By Pemuda dari SULAWESI UTARA (fadly Noer)

  7. Assalamualaikum wr.wb
    Tahun ini adalah tahun pertama saya kuliah di kebidanan..
    Saya sangat bertrimakasih,dengan adanya situs anda dapat membantu saya menyelesaikan tugas2…
    Wassalam wr.wb

  8. asalammu alaikum…terima kasih ya ibu erlina..
    nama saya Tuti asmawati salah satu siswi Akbid di DKI jakarta yang insya Allah tahun depan Mwnjadi Bidan AMIEN..
    berkat baca site’s punya ibu semua menjadi penyemangat dan inspirasi saya untuk semakin maju di dunia kebidanan …
    terimakasih banyak ibu,,,kapan – kapan saya konsul mengenain tulisan – tulisan saya boleh yak bu’ recananya selain jadi bidan seya ingin menulis buku atau mengajar mengenai ilmu yang saya kuasai,,
    mohon dukungan nya yak bu,,,
    wasaallam

  9. Hey2..
    Q !ed_dH@, q m0 tau ttg ilmu kbidanan dunk, yach wlaw q ru kls 1 xma tp q pngn bgt jd bdan ky k2 Q, mnt tlg bmbingan’y y

  10. Assalammu’alaikum…
    bidan erlina kita ni mahasiswi kebidanan di STIKES Nurul Jadid paiton- probolinggo,,,terus terang kami terkesan banged ma tulisan- tulisan yang dibuat ma ibu…n sekarang kita lagi kebingungan nyari bahan untuk tugas kuliah tentang hak dan kewajiban bidan….
    bisa sharing ilmunya dunk bu…..n kalo bisa tolong kasih tau dong referensi yangberkaitan tentang hal itu…. di bales yah…. tengkyuuuuu….
    wassalammu’alaikum…

  11. ass…
    salam knal y erlina..
    kbtulan qt satu jurusan n’ angktan…
    aq salut ma karya kamu..
    dengan kuliah yang gitu padatna kamu masih pnya waktu luang bwt ngabgiin ilmu ke yang laenna..
    karya kamu g hanya bemnfaan bwt kamu tapi bawt yang laen termask aq salah satuna..
    sneng bsa punya tmn sejawat kayak kamu..
    _intung_STIKES ‘AISYIYAH YK_

  12. jadi bidan ga mudah n tidak seenak yang dibayangkan. biayanya pun cukup penguras mal ortu. tapi insya-Allah to kan terblas jk Qta sungguh-sungguh jalnainya. SEMANGAT!!!!

  13. Gue cuman mau tanya. Kalau udah selesai D3 nya terus ngelanjutin kemana ???? Kalo ada Info tentang jenjang sesudah D3 tapi khusus kebidanan tolong di publikasikan yach !!!!!

  14. Ass…
    Salam kenal…
    aQ jg sOrg mahasiswi jurusan kebidanan, blh kan lw ntr aQ mnt bntuan’y cz aQ baru tingkat I, bntar lg aQ UTS, trz smester 2 aQ udh mulai praktek.
    Oia aQ bangga ma kaka’, blh tw kiat2’y ga?
    Muthi_StiKes Muhammadiyah_Tsm

  15. assalamualaikum….

    makasi yah ilmunya…
    aku emy calon Terapis wicara dan kebetulan aku juga mempelajari tentang kehamilan, sampai ank lahir yang dapat menyebabkan gangguan komunikasi atau bicara…

    makasi baget ilmunya, ni bisa jadi teori aku buat laporan praktikum…

  16. Assalamualaikum. terima kasih banyak untuk ibu yang telah membantu kami para calon-calon bidan. saya baru aja tamat kuliyah bidan DIII tahun 2008 di poltekkes pontianak. dan saya akui sungguh jadi bidan itu berat banget. mohon doanya ya bu, agar saya mampu mengemban amanah ini.

  17. k’ salam kenal aq sarah
    aq lagi bingung banget nich masalah tugas kompre bwt nyusun tugas akhir????
    tolong bantuannya

  18. hai met knal moga kita bisa berbagi ilmu ya

  19. bisa minta dikirimkan
    ke email saya tentang pendokumentasian kebidanan dan KB. norma STIKes Cirebon

  20. aquh mira bu ,,aquwh pgn bgt msuk akbid di tasik mohon inormasinya
    ini almt fs saya
    rha_cuaem@yahoo.com

  21. trims ya mb,,,
    dah buat aq makin semangat ngejalanin tugas2q yang super banyak,,,,,
    kebidanan tidak semudah yang di bayangkan….
    aplagi sekarang semester akhir,,,
    minta bantuan nya dong>>>>>>>>>>>
    aq salut sama kamu>>>>>>>>>>>

  22. Assalamu’alaikum……..
    setelah lama mencari, akhirnya ketemu juga anak Bhamada yang muncul di dunia blog..
    Salam kenal
    add me di FS ato YM.

  23. assalamualaikum….
    salam kenal,,,aq anak bidan juga ternyata bidan tu berat banget ya kak?tapi aq yakin ko pasti ada kemudahan..
    oiy kak tulisane bagus banget makasih tulisan kakak dah bantu aq ….
    wassalam

  24. Wah huebats bangets blogs anda. Saluts

  25. hi kak.. kirimin donk contoh KTI nya yang lengkap,

  26. kirimin ia contoh KTI nya yang lengkap trimks.

  27. salam kenal,
    sy sangat seanng sekali dgn adanya blog ini, bs membantu tamnbahan bahan kuliah. salah satunya aq.. skrg nih aq lg ditugasin bikin makalah buat presentasi askeb 2,tentang kebutuhan fisik & psikis ibu bersalin kala I, persiapan persalinan di rumah & RS, tanda bahaya Kala I
    mdh2an ibu bs membantu saya untuk bs menambahkan bahan kuliah yg sy mksd.
    terimakasih bnyk sebelumnya. mgkn bs dikirimkan lwt email apipah_n@yahoo.com

  28. bahagia banget bila mendengar bidan

  29. ass.wr.wb

    tahun ini saya setelah lulus SMA insy allah saya ingin melanjutkan ke skul bidan tapi saya mau bertanya stelah masuk di sekolah bidan apa ad,ada prosedur2 laen.seperti pada universitas2 lainya
    trima kasih

    wass.wr.wb

  30. Salam kenal Ibu Bidan yang cantik… :-)

  31. nduk… bocah ayu…. kamu koq pinter tooo…,aku baru tumon ada calon bidan yg punya blog kayak kamu,ini adalah pertanda bahwa kamu adalah calon bidan masa depan yang punya kemampuan lebih,pasti kamu orange rajin dan pinter,aku baru menemukan blog ini,salam kenal dari sejawat di atas kayangan…he…he…he…balas ya….

  32. asalammu’alaikum wr.wb

    mba… saya seorang siswi SMK pengen kuliah Ilmu Kebidanan tapi apa mungkin bisa ank smk yg ga blajar ilmu ipa bisa nempuh tesx??
    teuz d pulau Jawa yg pling bagus kuliahx dimana y mba???
    tolog ng bgt d komen y mba
    alo bsa krimlgsg k mail aq y mba
    makaciii

  33. Boleh sharing khan…?

  34. met kenal…. boleh kita sharing ?

  35. mb’ minta bantuan untuk buat askeb patologis mgenai hipertensi

  36. lagi UTS khan, gimana yach rasanya menghadapi UTS bagi kita2 yg udah ada umurnya gini, maklum OSIS (Otak SISa)..he..he

  37. Mbak tolong kasih tahu donk “dmn tpt kul D4 Kebidanan yang tepat (maksudnya biaya murah dan proses belajar mengajarnya bagus)? thanks sebelumnya.

  38. assalamu alaikum

    Wah….
    makasih banget yach buat ilmunya!
    Lumayan buat bantu-bantu tugas kuliahku di STIKES RSU DAYA Makassar.

    Smoga ilmunya bermanfaat bagi semuanya…

  39. Ass…
    aQ Nita, aQ SaLaH Satu mahasiswi AKBID d Banten…
    ‘n skrg aQ gi nyusun proposal KTI…
    Kira2 ada ga Ka contoh KTI tentang “Gambaran Kejadian Abortus Inkomplit Berdasarkan Karakteristik Ibu”?
    Biar bisa jd reverensi aQ nti…

    Thx b4 Ka ‘n LaM KeNaL…
    Wass

  40. Dosen gak pada protes nih…
    btw, bagus banget deh pokoknya…

  41. lam Kenal…
    Ka saya Adalah Anak Ipz dan KIni Udah Masuk Dalam Bidang Kebidanan Udah Semester 2 … Ya Kak sebagai Seorang yaNg Ngambil Jurusan dan gak sejurusan Ma Sma Saya sulit si Rasanya …. Eh… Lau ada Kesulitan^^ nyar leh Minta Bantuan KK?
    Sekarang saya KuliAh di Akbid Samarinda, Moga JA Kelak Saya bisa Sesukses KK Ya

  42. Ass…

    saya pelajar SMA.Bentar lagi mau ngalnjutik ke akbid. Itu saran dan utusan orang tua.Saya sebenarnya ragu ambil jurusan itu.Engga tega lihat yang begitu2n..

    tapi gimana lagi.oRang tua yang nyuruh,mungkin saja saya bisa jadi orang sukses dg restu mereka..

    Kira2 mb..biaya sampe lulus D3,mencapai berapa Jt ya..??100 lebih ada ga mb..?/

    Minta solusinya ya..

    cazz_caa@yahoo.com

  43. saya mw tanya .saya agak2 bingung?knpa ya rata2 hampir 90% kuliah untuk menjadi akbid/akper itu biaya kuliahnya mahal?apakah itu semua bisa di cicil? saya ingin sekali untuk menjadi bidan?di nama ya kuliah yang murah,bisa di cicil dan menjanji kan bagi lulusannya.terima kasih minta infonya ya….

  44. ass.

    mbak salam kenal yawh,,tanya dunk stikes nya ad DIV Kebidanan ga ya..klo ad masukin jg dunk materi2 ttg DIV Kebidanan pendidik n klinik..

    tq ya mbak..

    wass.

  45. saya mau tanya, apakah bisa saya masuk di akper? krn aku kurang paham ma pljrn bio. seandainya bisa apakah nantinya tdk akan ada kesulitan?

  46. mbak aku lia salam kenal

    aku sedang mencari persentase terjadinya bendungan asi kok gak ada ya

    tolong donk mbak kira2 berapa persentase terjadinya bendungan asi di indonesia

    terima kasih

  47. Blog terbaik di dunia kebidanan…..
    Dukungan sepenuhnya kami berikan
    terus berkembang dan sukses selalu

    salam kenal dari sesama bidan
    Bidanku.com

  48. salam kenal..
    bisa ngak.. kirimin ke e mail saya tentang gangguan menstruasi. kira – kira ada contoh askeb nya gakk?

    makasih banget loo..

  49. saya amel,saya mau tanya apa jurusan saya multimedia bs masuk kebidanan apa gak??soalnya saya pengen bgt msk bidan.tlng jwb n mksh

  50. Assalamu’alaikum…
    saya chaca pelajar SMA,rencana setelah lulus nanti saya mau melanjutkan ke akbid,tapi saya masih ragu apakah saya bisa,kuat dan mampu..tolong saya donk..kira2 syarat masuk ke akbid apa saja ya..terutama masalah mata pelajaran yang harus saya kuasai,dan nilai minimumnya berapa..?trimakasih banyak ya mba..

  51. Assalamu’alaikum…
    saya chaca pelajar SMA,rencana setelah lulus nanti saya mau melanjutkan ke akbid,tapi saya masih ragu apakah saya bisa,kuat dan mampu..tolong saya donk..kira2 syarat masuk ke akbid apa saja ya..terutama masalah mata pelajaran yang harus saya kuasai,dan nilai minimumnya berapa..?trimakasih banyak ya mba..

  52. Wah rame ya disini..ada akhwt gak ya…

  53. hai bleh gbung kan?

  54. assalamualaikum…

    saya mencari judul dan karya tulis ilmiah tentang Hiperbilirubin, angka kejadian di Indonesia-Jawa Barat-Bekasi.
    siapapun yang punya informasi tersebut, mohon untuk mengirimkan bahan-bahannya ke website, email, FS, FB atau ke situs ini…
    terima kasih atas bantuannya…
    semoga Allah SWT membalas kebaikannya….Amiiin..

    wassalam..

  55. asskum….akyu sekarang dah kuliah di kebidanan smester IV. tapi kko ngrasa lom bisa pa-pa yach…padahal akyu dah berusaha untuk meningkatkan rasa keingin tahuan tentang masalah yang berkelumit pada kebidanan…pusing juga yach,,,, eeeeeeehhh APN bikin pusing juga yaaaaaa tapi aku tetap having ae ko……

  56. mbak bantu’n aq nyari skul bidan yg bguz+murah downk d daerah smarang/jogja

  57. ehm.mau banget masuk sekolah bidan..palagi nanti bisa bantu wadh ngelahirin seseorang yang sangat mereka cintai……amiend

  58. Anugerah Terindah

  59. Ass. Wr. Wb,-
    Wah saya salut banget dengan karya blog-nya. Semoga ini akan memberi inspirasi kepada bidan-2 yang lain.

    Afiyah Sri Harnany
    AKBID HARAPAN IBU PEKALONGAN

  60. saya sekarang semester 5,makasih atas infonya,blog ini bagus bgt bagi calon bidan yang masih dalam tahap belajar dan masih dlam masa pendidikan..

  61. ne pitri akuh cekarang agy kelas 3 sma rencananya akuh mau masukbidan nich .
    cucah gag cich di bidan ntu .
    syarat2na apa aj ce yang buwat masuk bidan ntu .
    maach iaw .

  62. assalam….
    bwt smw temen sejawat diseluruh dunia:

    jd bidan yang bener. belajar yang bener
    jd bidan g semudah kedengarannya…
    jgn smpe terbesit jd bidan th bisa buka praktek di rumah..pasiennya banyak..duitnya banyak…
    hati2.. bidan bisa jd tempat menimba pahala sekaligus dekat dengan dosa…

    salam kenal buat smuanya^^

  63. gosipnya 2010 d3 kebidanan mw dtutp y?
    trs nasib qt gmn?

  64. ada infoD4 kebidanan tidak??kalo ada please..posting-in dunk ke web ini..thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 113 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: