KISTA PADA KEHAMILAN

Perubahan kearah keganasan dapat terjadi pada beberapa kista jinak seperti kistadenoma ovarii serosum, kistadenoma ovarii musinosum. Oleh karena itu setelah tumor-tumor itu diangkat pada waktu operasi, perlu dilakukan pemeriksaan mikroskopik yang seksama terhadap kemungkinan perubahan menjadi ganas (Winkjosastro dkk, 1997).

Akhir-akhir ini penyakit yang kerap kali terdengar melanda kaum perempuan adalah kista. Kista ialah tumor jinak pada organ reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Bila produksi cairan di dalam kantong kista bertambah maka kista pun akan membesar. Lambat laun kantong kista menipis dan sangat mungkin pecah, sama halnya dengan balon yang rawan pecah saat ditiup semakin besar.

download selengkapnya

Iklan

Satu Tanggapan

  1. kok gak bisa di download ya artikelnya? bisa tlg mba erlina dikirim lewat email? Karena saya termasuk susah hamil karena adanya kista endometroisis (hmmm tolong dibetulin ya mba kalau tulisannya salah :). Thx and jazakillah khairan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: