Neurogeriatri

Seiring dengan perkembangan dan peningkatan kemampuan teknologi di berbagai bidang serta kemajuan di bidang ekonomi, harapan hidup manusia Indonesia meningkat pula sehingga jumlah penduduk berusia lanjut bertambah, saat ini telah melampaui usia 60 tahun. Peningkatan jumlah lansia ini tentu membawa dampak di bidang kesehatan, karena akan diikuti oleh bertambahnya penyakit yang berhubungan dengan proses penuaan.

Stroke merupakan manifestasi klinis gangguan serebrovaskuler dan merupakan salah satu penyakit yang sering menyebabkan gangguan bahkan kematian.

Sindrom parkinson adalah sindrom motorik yang terdiri dari berberapa simptom yaitu bradikinesia, tremor, rigiditas muskular dan instabilitas postural. Secara garis besar dibagi menjadi 3, yaitu parkinson primer,parkinson sekunder, paraparkinson. Bentuk yang paling sering adalah parkinson primer. Penyebab Parkinson masih belum diketahui, namun para ahli menghubungkan dengan kondisi kekurangan dopamin pada otak. Dopamin adalah penghantar saraf yang membawa pesan dari saraf pusat ke bagian lain.orang dengan parkinson mempunyai tanda bahwa substansia nigra rusak atau kering.

Demensia atau pikun adalah gejala lanjut usia yang amat ditakuti. Demensia adalah kumpulan sejumlah gangguan intelektual. Orang demensia tidak dapat memelihara dirinya sendiri, tidak mandiri, tidak mengenal lagi lingkungannya.

Data Lengkap, klik download file

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: