Pemeriksaan Fisik pada Geriatri

Kesulitan dalam pemeriksaan serta menegakkan diagnosa dan prognosa dalam penanganan kasus geriatri telah menjadi suatu problem klinis yang sangat kompleks, karena ini menjadi modal awal bagi manajemen terapi bagi seorang dokter dalam kasus geriatri.Penurunan fungsi organ yang terjadi baik sebagai proses fisiologis yang senilis maupun akibat dari suatu penyakit degeneratif yang diderita oleh lansia perlu diketahui secara baik agar dalam melakukan pemeriksaan terjadi suatu interaksi yang harmonis antara pemeriksa dan pasien. Pemeriksa juga dituntut menerapkan pendekatan biopsikososial, memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemauan untuk mengevaluasi setiap individu dengan seksama serta menyusun rencana pelaksanaan yang bersifat individual serta dirancang khusus.

Dalam pengelolaan pasien lansia, perlu diingat bahwa kemampuan individu lansia untuk berfungsi tergantung pada kombinasi karakteristik lansia (misalnya motivasi, toleransi terhadap nyeri) dan tempat dimana lansia diharapkan untuk berfungsi. Individu yang sama mungkain dapat berfungsi dengan baik disuatu tempat (mandiri) tetapi menjadi tergantung ditempat lain.

Peran seorang dokter adalah mengobati masalah atau penyakit yang dapat diobati atau diatasi dan selanjutnya memperbaiki kemampuan fisiologis dan psikologis semaksimal mungkin serta mengoptimalkan lingkungan hidup agar lansia memiliki status fungsional yang baik.

DATA LENGKAPNYA, KLIK DOWNLOAD FILE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: