TIPS SUPAYA NGGAK “DIGUNTING”

Tindakan menggunting jalan lahir wanita pada saat melahirkan di namakan episiotomi. Dulu tindakan ini rutin dilakukan untuk mencegah robekan spontan yang biasanya compang-camping bahkan dapat menyebabkan robekan yang sampai mengenai lubang anus (robek total). Gambar jenis episiotomi KLIK DISINI

Sekarang tindakan ini tidak harus selalu dilakukan. Hanya akan dilakukan jika : PERTAMA terlihat akan adanya ancaman robekan yang luas seperti perineum (= daearah antara vagina dan anus) yang kaku, KEDUA posisi bayi nggak normal (sungsang atau letak kepala selain letak belakang kepala) KETIGA bayi harus dilahirkan secepat mungkin (denyut jantung mulai memburuk atau pada janin yang kurang bulan)

Dari ketiga hal diatas mana yang masih dibawah kontrol kita ? Jelas yang pertama. Yang lain mungkin sudah takdir. Perineum yang kaku sebetulnya dapat dihindari dengan melakukan beberapa kegiatan menjelang bayi lahir seperti melakukan olah raga jalan kaki. Ibu hamil sebagian besar malas melakukan kegiatan ini, padahal manfaatnya besar. Disamping memberi efek tidak kakunya perineum, juga membuat otot2 dasar panggul ibu menjadi kuat/terlatih sehingga nanti saat mengedan menjadi kuat dan efesien.


Tehnik massage perineum

Cara lain agar perineum tidak kaku adalah dengan melakukan massage dengan mempergunakan minyak (baby oil atau yang lain) pada daerah perineum. Ibu jangan malu untuk minta bantu bapak-nya untuk melakukan massage tersebut, jika memang sulit melakukannya sendiri.( Kalau dilihat gambar diatas sepertinya tidak dilakukan sendiri)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: