Memilih Penyedia Jasa Pelayanan Kesehatan untuk Kehamilan Anda

Orang yang Anda pilih untuk menangani kesehatan Anda selama hamil dapat membuat perbedaan besar dalam kelahiran bayi Anda kelak. Perjalanan kehamilan, ditentukan oleh usia Anda, keadaan kehamilan sebelumnya, dan kondisi kesehatan Anda yang dapat berisiko bagi kehamilan dan persalinan, dapat menjadi pertimbangan dalam memilih penyedia jasa pelayanan kesehatan yang terbaik bagi Anda. Tentunya mereka yang Anda pilih atau sukai juga merupakan faktor penting.

Di Amerika Serikat, 90% bayi lahir ditolong dokter, sementara 8% ditolong bidan. Di Eropa justru sebaliknya, bidan membantu lebih dari 70% persalinan normal. Sebelum memilih, pertimbangkan semua pilihan, dokter keluarga, ahli kandungan, ahli feto-maternal, maupun bidan.

Darimana memulainya?

Menemukan penyedia jasa pelayanan kesehatan yang tepat untuk kehamilan dan persalinan Anda merupakan proses yang gampang-gampang susah. Untuk mengetahuinya:

  • Minta rekomendasi pada keluarga dan teman Anda
  • Konsultasi pada dokter yang biasa Anda kunjungi
  • Hubungi perkumpulan kedokteran daerah setempat untuk meminta daftar penyedia jasa pelayanan kesehatan di daerah Anda
  • Hubungi rumah sakit yang Anda suka dan cari tahu siapa pemberi jasa pelayanan kesehatan untuk ibu hamil yang ada disana

Berdasarkan kajian atas pilihan-pilihan Anda, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah tempat penyedia jasa pelayanannya mudah dijangkau dari rumah atau tempat kerja Anda?
  • Dapatkan mereka membantu kelahiran bayi Anda di tempat yang Anda inginkan, di rumah sakit atau rumah bersalin?
  • Apakah mereka bekerja sendiri atau dalam sebuah kelompok (praktek bersama)? Jika merupakan praktek bersama, apakah Anda akan menemui mereka semua?
  • Siapa yang akan menggantikannya melayani Anda jika ia tidak ada dalam keadaan darurat atau ketika Anda akan bersalin?
  • Berapa biaya pelayanan yang diberikan? Apakah biayanya dapat ditanggung oleh asuransi dari tempat kerja Anda?
  • Seberapa tinggi keahlian yang dibutuhkan untuk menangani kehamilan dan persalinan Anda? Apakah penyedia jasa pelayanan kesehatan tersebut memenuhinya?
  • Seberapa besar Anda menilai kemungkinan mereka untuk menangani kesehatan seluruh keluarga Anda?

Dokter keluarga: Pelayanan primer untuk segala usia

Dokter keluarga menyediakan pelayanan kesehatan seluruh keluarga pada semua usia, termasuk kehamilan dan persalinan. Mereka telah menjalani pelatihan di berbagai bagian ilmu kedokteran, termasuk ilmu kebidanan dan kandungan, ilmu kesehatan anak, penyakit dalam, serta ilmu bedah. Pelatihan dan pengalaman mereka telah memenuhi syarat bagi mereka untuk menangani kehamilan, termasuk prosedur bedah minor saat persalinan melalui vagina. Beberapa dapat membantu  persalinan secara bedah Caesar, tapi sebagian besar tidak dapat.

Dokter keluarga dapat bekerja sendiri, atau merupakan bagian dari praktek bersama yang melibatkan perawat dan ahli kedokteran lain. Mereka biasanya bekerja sama dengan rumah sakit tempat mereka dapat melakukan bantuan persalinan.

Keuntungan:

  • Dapat telah mengenal Anda dan keluarga Anda serta mengetahui riwayat kesehatan Anda
  • Dapat merujuk Anda ke ahli kebidanan dan kandungan jika Anda memiliki masalah pada kehamilan sebelumnya
  • Dapat menangani kehamilan Anda secara holistik sebagai bagian umum dari kesehatan Anda
  • Dapat merujuk Anda ke dokter ahli jika Anda memiliki diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau masalah kesehatan lain yang mungkin menjadi komplikasi bagi kehamilan Anda
  • Dapat melanjutkan perawatan Anda dan bayi Anda setelah melahirkan

Namun ia bisa jadi tidak ada di tempat saat waktu Anda akan melahirkan

Anda dapat memilih dokter keluarga jika:

  • Anda dan dokter tidak melihat/ tidak ada dugaan adanya masalah dalam kehamilan Anda
  • Anda ingin dokter terlibat dengan semua anggota keluarga Anda
  • Anda ingin melanjutkan perawatan bayi Anda hingga masa kanak-kanak dan seterusnya

Dokter ahli kebidanan dan kandungan: pemberi layanan kesehatan bagi kehamilan dan persalinan

Dokter yang spesialis dalam bidang kebidanan dan kandungan biasanya disebut dokter obsgin (obstetri- ginekologi). Selain menyediakan pelayanan kunjungan prenatal dan persalinan, mereka juga ahli dalam perawatan wanita secara umum, pemantauan pencegahan dan perawatan terhadap kondisi yang melibatkan organ reproduksi wanita, payudara, dan fungsi seksual. Karena perhatian mereka terhadap kesehatan wanita, dokter obsgin berperan sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan bagi banyak wanita. Mereka dilatih untuk menangani semua masa dalam kehamilan, sejak rencana kehamilan hingga masa pemulihan pasca melahirkan.

Dokter obsgin umumnya bekerja dalam sebuah praktek bersama yang melibatkan didalamnya para residen, perawat, bidan, asisten dokter, ahli gizi, dan pekerja sosial. Mereka dapat berpusat di rumah sakit atau klinik.

Keuntungan:

  • Dapat telah mengenal Anda dan mengetahui riwayat ginekologi (kandungan) Anda
  • Dapat merujuk Anda ke ahli feto-maternal jika Anda memiliki kehamilan dengan risiko yang sangat besar
  • Dapat melanjutkan perawatan Anda jika Anda memiliki masalah atau komplikasi yang berkembang saat kehamilan
  • Dapat melakukan episiotomi, persalinan cara forsep atau pun bedah Caesar

Namun ia dapat saja tidak berada di tempat saat tiba waktu Anda akan melahirkan.

Anda dapat memilih seorang dokter obsgin jika:

  • Anda memiliki kehamilan dengan risiko tinggi. Anda memiliki risiko tinggi jika berusia diatas 35 tahun atau Anda mengalami diabetes dalam kehamilan atau tekanan darah yang tinggi (preeklampsia) selama kehamilan.
  • Anda hamil ganda/kembar dua, tiga atau lebih
  • Anda memiliki masalah kesehatan sebelumnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau kelainan autoimun (autoimun: kelainan di mana sistem kekebalan tubuh dapat menyerang jaringan tubuh sendiri)
  • Anda ingin meyakinkan jika suatu saat ada masalah yang timbul, seperti masalah yang membutuhkan intervensi medis atau persalinan melalui bedah Caesar, Anda tidak perlu dirujuk pada petugas kesehatan  lain.

Dokter ahli feto-maternal : pemberi perawatan lanjutan terhadap kehamilan dengan risiko tinggi

Dokter ini, juga disebut perinatolog atau ahli obstetrik risiko tinggi, dilatih untuk memberi perawatan bagi kehamilan risiko sangat tinggi. Mereka khusus berkonsentrasi pada kehamilan dan bayi yang belum dilahirkan, berurusan dengan komplikasi berat yang timbul. Ketika wanita dengan masalah medis yang berat hamil, dokter sering mengkonsulkan pasien pada dokter ahli feto-maternal dengan tujuan memberikan perawatan optimal bagi si ibu dan janinnya. Sebagian besar wanita tidak memerlukan pelayanan dari dokter ahli feto-maternal karena sebagian besar kehamilan merupakan keadaan yang biasa (tidak bermasalah).

Dokter ahli feto-maternal biasanya bekerja dalam sebuah praktek bersama, berfungsi sebagai konsultan dari pada pemberi pelayanan strata pertama kebidanan. Mereka biasanya bekerja di rumah sakit, universitas, atau klinik.

Keuntungan:

  • Akrab dengan masalah komplikasi kehamilan dan ahli dalam mengenali adanya keadaan abnormal
  • Cenderung kurang terlibat dengan para pasiennya dibanding dokter keluarga, dokter obsgin, dan bidan, walau tidak selalu demikian
  • Mengetahui pendekatan terkini untuk mendiagnosis dan memberikan terapi terhadap masalah kebidanan/obstetri

Dokter ahli feto-maternal jarang berperan sebagai penyedia jasa layanan kesehatan primer bagi wanita hamil.

Anda dapat memilih seorang dokter ahli feto-maternal jika:

  • Anda memiliki kondisi medis yang menimbulakan komplikasi kehamilan, seperti penyakit menular, penyakit jantung, ginjal, atau kanker.
  • Pada kehamilan Anda sebelumnya pernah timbul komplikasi serius atau gugur kandungan berulang
  • Anda memiliki riwayat komplikasi medis dalam keluarga, yang memerlukan teknik pemeriksaan atau intervensi diagnosis  prenatal, seperti pengambilan sampel dari vilus korionik (vilus korionik: salah satu bagian penyusun plasenta) atau bedah janin.
  • Anda diketahui membawa kelainan genetik yang berat yang dapat dibawa oleh janin Anda
  • Janin Anda sebelum lahir telah didiagnosis memiliki kelainan, seperti spina bifida.

Bidan : pemberi jasa layanan kesehatan pada kehamilan dengan risiko rendah

Bidan menyediakan pelayanan prekonsepsi (sebelum pembuahan),  perawatan persalinan dan pasca melahirkan pada kehamilan dengan risiko komplikasi yang rendah. Di hampir seluruh dunia, bidan adalah penyedia jasa pelayanan kesehatan bagi wanita saat hamil. Di Amerika Serikat, penggunaan tenaga bidan mengalami peningkatan. Umumnya, bidan mengikuti prinsip bahwa kehamilan dan persalinan adalah proses normal, sehat, dan bersifat pribadi sebelum terbukti adanya kelainan. Bidan umumnya menggunakan pendekatan dengan teknik yang lebih sederhana dibanding dokter ahli obsgin atau dokter lainnya.

Bidan memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam jumlah pelatihan yang diterima dan pelayanan yang ditawarkan. Ada bidan yang memiliki dasar pendidikan perawat, ada yang dari sekolah, akademi, atau universitas fakultas kebidanan atau bahkan ada bidan tradisional yang tidak pernah mendapatkan ilmu dari pendidikan formal melainkan berdasarkan pengalaman (mungkin bisa disetarakan dengan dukun beranak). Ada bidan yang telah memiliki sertifikat atau ijin praktek ada pula yang tidak. Beberapa negara menerapkan standar perijinan yang ketat. Beberapa negara lain justru tidak mengatur masalah tersebut sama sekali.

Bidan dapat membuka praktek sendiri atau di dalam sebuah praktek bersama. Sebagian besar melakukan kontak dengan seorang dokter obsgin jika terjadi masalah. Ada bidan yang berpraktek di rumah sakit dan ada pula yang dapat dipanggil ke rumah untuk membantu persalinan.

Jika Anda mempertimbangkan memilih bidan, periksa apakah ia menjalin kerjasama dengan rumah sakit sehingga jika timbul masalah dalam kehamilan dan persalinan Anda dapat memperoleh akses ke tempat dengan tenaga dan perlengkapan yang memadai. Jika Anda tidak merencanakan persalinan di rumah sakit, buat rencana darurat termasuk nama dan nomor telepon dokter yang berada di belakang bidan Anda, rumah sakit yang dapat dituju, dan bagaimana Anda dapat sampai disana.

Keuntungan:

  • Dapat menawarkan Anda pendekatan kehamilan dan persalinan yang lebih alami dan sedikit obat-obatan
  • Dapat merujuk Anda ke dokter ahli kandungan jika timbul komplikasi selama kehamilan
  • Mampu memberikan perhatian besar kepada ibu selama kehamilan
  • Tidak dapat melakukan persalinan cara Caesar dan tidak diijinkan memberikan obat bius
  • Lebih mungkin ada di tempat saat Anda akan melahirkan dibandingkan dokter

Anda dapat memilih bidan jika:

  • Anda bebas dari masalah kesehatan dan dilihat memiliki kehamilan dengan risiko rendah
  • Anda menginginkan seseorang yang dapat memberikan lebih banyak waktu untuk mendiskusikan masalah kehamilan
  • Anda lebih menyukai pendekatan yang lebih personal saat proses persalinan
  • Anda berkeinginan menjalani proses persalinan dengan sedikit obat
  • Anda berkeinginan mendapatkan sedikit campur tangan

Siapakah yang tepat untuk Anda?

Pada akhirnya, penting untuk menemukan seseorang yang dapat Anda andalkan dan percayai selama 9 bulan ke depan. Setelah Anda memutuskannya, pikirkan hal-hal berikut:

  • Apakah dia memberikan perhatian, mau mendengarkan apa yang Anda khawatirkan, dan dapat memberikan jawaban memuaskan dari pertanyaan Anda?
  • Apakah dia terlihat terbuka dan merasa senang dengan pendapat Anda mengenai kehamilan dan persalinan?
  • Apakah ia akan memberikan segala informasi dan membolehkan Anda berperan aktif dalam pengambilan keputusan yang melibatkan Anda dan bayi Anda?

Pilihlah seseorang yang dapat Anda percaya untuk membantu Anda dan bayi Anda secara aman sampai proses persalinan. Kemudian, ingatlah bahwa Anda telah memilih penyedia jasa layanan kesehatan tersebut untuk sebuah alasan, dan perkenankan mereka untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk Anda.

Sumber

“Choosing your health care provider for pregnancy”, www.mayoclinic.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: