Perencanaan Keluarga

Perencanaan Keluarga

dr. Budi Iman Santoso, SpOG (K)

  • Seorang perempuan telah dapat melahirkan, segera setelah ia mendapat haid yang pertama (menarche)

  • Kesuburan seseoarang perempuan akan terus berlangsung sampai mati haid (menopause)

  • Kehamilan dan kelahiran terbaik, artinya risiko paling rendah untuk ibu dan anak, adalah antara 20 – 35 tahun

  • persalinan pertama dan kedua paling rendah resikonya

  • Jarak antara dua kelahiran sebaiknya 2 – 4 tahun

Dari faktor-faktor di atas maka kita dapat

membuat perencanaan keluarga seperti berikut.

Konsultasikan pilihan cara kontrasepsi

dengan dokter atau bidan Anda

dr. Asri. Profesional dibidang pemasangan & pencabutan Implan dan IUD, Vasektomi Tanpa Pisau (VTP)

3 Tanggapan

  1. bu bidan saya mau tanya klo istri kb dulu sesudah married katanya susah ya ntar klo mo punya anak y? pa bener bu…
    makasih bu jawabnnya

  2. tergantung kontrasepsi yang di pakai, misal pada kontrasepsi suntik atau pil berpengaruh pada siklus hormon yang bisa menyebabkan keterlambatan kehamilan. tapi apabila memakai kondom atau pantang berkala tidak ada pengaruhnya. trims

  3. Assalamualaikum
    bu mau tanya
    kalo jarak setiap anak cuma 1thn bahaya ga?
    sekarang anak saya udah 3 dan mau 4
    pada waktu anak 1 usia 13bln saya melahirkan anak k2, begitu seterusnya….jadi jarak tiap anak cm selisih 1thnan…
    setiap saya periksa kebidan tekanan darah saya selalu diantara 80-100…
    tetapi saya tidak merasakan efek sampingnya…bdan tetep segar dan energik
    dan Alhamdulillah tiap melahirkan selalu mudah dan cepat…(ada tambahan normal tanpa jahitan…alhamdulillah)
    apakah kondisi ini berbahaya bagi saya..walaupun saya tidak merasakan efek negatifnya

Tinggalkan Balasan

