Menstruasi Nggak Teratur

Pengertian menstruasi yang kita dengar adalah suatu hal yang teratur layaknya kerja jam. Biasanya, perempuan mendapatkan menstruasi setiap empat minggu sekali. Bila di luar siklus tersebut dapat dikatakan ada ketidaknormalan pada tubuh perempuan itu. Faktanya, banyak perempuan yang memiliki siklus menstruasi nggak teratur.

Banyak remaja putri mendapatkan siklus menstruasinya antara usia 10 dan 16 tahun. Hal tersebut dikenal sebagai menarche. Dokter sering membicarakan tentang siklus bulanan pada remaja putri, tentang jumlah hari dari awal menstruasi sampai mendapatkan menstruasi berikutnya, biasanya dalam jangka waktu 28 hari. Tapi, jumlah 28 hari adalah jumlah rata-rata yang sering digunakan dokter. Siklus menstruasi pada perempuan sangat bervariasi, ada yang mempunyai siklus 24 hari dan ada yang 34 hari. Dan remaja putri biasanya memiliki menstruasi berbeda-beda tiap bulannya, khususnya beberapa tahun sesudah menstruasi pertama.

Hari pertama siklus pada wanita menjadi hari pertama pada hitungan siklus. Pada hari kelima, kelenjar pituari yang terletak di bawah otak memerintahkan ovarium untuk mempersiapkan sel telur yang akan yang akan dilepaskan. Sebuah sel telur akan tumbuh secara sempurna. Pada saat bersamaan, saluran uterus menjadi tebal untuk persiapan sebagai tempat tinggal sel telur yang sudah tervertilisasi jika terjadi pembuahan (kehamilan).

Pada hari ke-14 dari 28 hari dalam satu siklus, sel telur pecah dan menyebar atau disebut ovulasi. Sel telur bergerak melalui tuba falopii masuk ke dalam uterus. Jika sel telur nggak difertilisasi atau dibuahi oleh sperma, maka sel tersebut akan gugur. Dua minggu kemudian, sel telur yang gugur tersebut akan meninggalkan tubuh dan terjadilah siklus menstruasi. Kemudian sel telur akan mengalami proses pembuatan dari awal lagi.

Kelihatannya, siklus ini sangat teratur. Tapi, tubuh remaja putri terkadang nggak mengikuti jadwal secara tepat. Hal ini biasa, terutama pada dua tahun pertama setelah mengalami menstruasi pertama, baik melompati siklus maupun siklus yang tidak teratur. Sakit, perubahan berat badan, dan stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi, karena sebagian otak yang mengatur siklus menstruasi dipengaruhi hal-hal tersebut. fia/teenhealth

Tidak Harus Teratur

Beberapa gadis remaja memiliki siklus menstruasi seperti kerja jam. Lainnya memiliki siklus berbeda tipis tiap bulannya. Beberapa remaja mendapatkan siklus yang teratur, namun meloncati satu periode atau mengalami menstruasi lebih lama akibat stres. Faktanya, ketika kamu sedang dalam perjalanan atau terjadi perubahan jadwal dalam aktivitas sehari-hari, siklus menstruasi akan telat. Semua hal ini adalah normal.

Disebut normal pula bila lama siklus menstruasi pada remaja putri bervariasi. Kadang-kadang, darah keluar selama dua hari, kadang selama tujuh hari. Hal tersebut karena tingkat produksi hormon pada tubuh berbeda-beda dari satu siklus ke siklus selanjutnya. Dan, hal ini mempengaruhi banyaknya dan lama darah keluar.

Jadi, bagaimana mengetahui bahwa siklus menstruasi tidak teratur? Kamu harus memperhatikan tanda-tanda pada tubuh. Tanda-tanda tersebut meliputi :
– Kejang pada punggung dan otot terasa kencang.
– Payudara yang lebih berat.
– Sakit kepala.
– Jerawat bermunculan.
– Waktu tidur yang nggak normal.
– Gangguan pada mood.
– Bengkak-bengkak pada tubuh.

Siklus menstruasi yang nggak teratur adalah perubahan yang normal terjadi pada gadis remaja. Pada titik tertentu selama masa pertumbuhan, kamu akan menemukan siklusmu. Hal ini biasa terjadi tiga tahun setelah mestruasi pertama.

Bagaimanapun, remaja putri bisa mengalami siklus menstruasi yang nggak teratur atau stop mengalami menstruasi akibat efek pengobatan, aktivitas yang berlebihan, minimnya berat badan, atau nggak cukup mengonsumsi kalori.

Beberapa perempuan mengalami siklus menstruasi nggak teratur akibat tubuh mereka memproduksi terlalu banyak androgen, hormon yang menyebabkan peningkatan massa otot, rambut di wajah, perubahan suara pada laki-laki, dan meningkatkan berat badan pada perempuan. Jumlah androgen yang tinggi dapat juga menyebabkan pertumbuhan rambut pada wajah, dagu, dada, dan perut.

Jika menemui permasalahan tersebut atau jika siklus menstruasi nggak teratur terjadi lebih dari tiga tahun, temuilah dokter. Dokter kemungkinan akan memberikan pil hormon atau pengobatan lainnya atau rekomendasi untuk mengubah gaya hidup agar siklus menstruasi bisa teratur. fia/teenhealth
( )

  • 7 bulan lalu

materi referensi:

56 Tanggapan

  1. aku sudah ga mens selama 1 bulan lebih 11 hari..
    kira” aku kenapa ya ?

  2. Mbak Erlina, saya ini ibu rumah tangga usia 40 tahun, tiba2 sejak 2 bulan lalu mens tapi sedikit sekali (cuma bercak saja, biasanya banyak), lalu bulan lalu nggak mens, bulan ini mens tapi cuma sedikit (bercak thok), sudah pake testpack hasilnya negatif (saya nggak KB dan sudah punya 1anak umur 10 tahun), kenapa ya Mbak & kira2 saya perlu check ke dokter nggak? terimakasih

  3. mba sya gadis berusia 21 thn,ada yang mau saya tanyakan tntng datang bulan. saya dl prrnh tdk mnglm mens krg lbh 9 bln,,,,saat periksa dokter hny blg tdk ada apa2…hanya capek saja…..lali 2 bln lalu saya mens 1 bulan penh tapi hanya pd mngg pertama deras setlh itu darah yg klr cm sdkt tapi tiap hari ada….
    apa ada masalah dengan tubuh saya???/

  4. dok aku 25 thn,aku punya masala udah 5 bulan haid terus.aku udah cek kdokter aku di kasih obat,memang waktu aku minum obat berhenti tp pada saat aku gak minum obat aku haid lagi.aku minta saran dokter donk

  5. dok… sy mw menanyakan bbrp hal:
    pertama sewaktu sy mens pertama kali awalnya lancar2 sj, namun saat sy berumur 17 thn stgh sy sudah tdk mngalami menstruas lg. kt teman2 sy, mungkin itu gejala stress, tp lama-kelamaan siklus menstruasi sy tdk kunjung dtg lg.kenapa Dok?
    pdhl smpai detik ini, sudah 1 thn lebih 1 bulan sy tidak mnglami menstruasi lg.
    namun sbelumnya sy jg prnh cek ke dokter sempat 3 kl, dokter hnya menyarankn sy utkmakan yg teratur &Olahraga yg tratur sj dan utk sekian kl-nya dokter jg memberikan resep yg sm spt sblumnya.
    kira2 solusi apa yg bs dokter berikan kpd sy, apabila sy tdk mngalami mens kembali? sy mnta sarannya

  6. mbak mau tanya kalau menstrulasi lama gak selesai-salesai tu solusinya kayak gimana kadang sampek 2 minggu lebih makasih atas jawabanya

  7. dok.. sy mau nanyakan beberapa hal,, belakangan ini sy halanngan lbh dari 3 minggu,terkadang banyak dan terkadang sedikit. sebelumnya sy ga halangan selama 2 bulan,, apakah hal ini wajar, sy mohon petunjuk dokter… terimakasih

  8. dear dokter,
    dok saya mau tanya nih, istri saya belakangan ini men’s 2 minggu lebih terkadang banyak dan terkadang sedikit, jadi tdk teratur, sebelumnya selama 2 bulan tidak men’s saya kira hamil, lalu di cek dengan alat test kehamilan ternyata negatif. 1 th lalu pernah keguguran. jadi saya mohon petunjuknya dokter. saya sdh kebingungan.
    terima kasih dok
    salam………..

  9. hai mbak…
    saya ingin menanyakan apakah perbedaan dari ciri- ciri orang yang hamil dengan orang yang sedang mestruasi?
    saya bingung nih mbak…
    tolong dibantu ya mbak…

  10. dok,aku seorang istri,34thn.aku mo nanya nih.
    5bulan terakhir mens aku bisa 12-15 hari.5hari pertama sangat sedikit hanya berupa bercak setelah itu baru banyak sekali 3-4hari,setelah itu agak berkurang..kami memakai kondom.aku sangat heran dgn kondisi ini,aku pernah menyakan hal ke bidan,jwb an nya:aku mgkn stress.tapi ini dah berlangsung 5bln.
    Mohon bantuan dokter ntuk menjawab permasalahan ku.
    trima kasih,

  11. saya g mens telat 3 hari .. biasanya seminggu sebelum mens saya keputihan dulu,,
    tapi sampai sekarang brlum juga keputihan..
    saya takut kenapa-kenapa ?
    hamil gg ya??

  12. Dok
    sama mau menanyakan. Istri saya akhir2 ini siklus mens bs 3bln. 1th trakir bs normal sekitar 34 hr. Tp skrg jd 3 bulan lg. Apa permasalahany. Trimakasih

  13. mbak, saya wanita berumur 27 tahun. saya baru menikah. sejak saya dari pertama datang mensturasi saya tidak pernah teratur. kadang 2 bulan sekali bahkan pernah 4 bulan sekali. tidak pernah ada waktu yang tepat. kira-kira apakah hal itu merupakan penyakit yang membahayakan. bagaimana mengatasinya. tolong cepat dibalas

  14. q…g datng bulan dah hampir…3thnan gt..da pengaruhnya g sama kemungkinan punya anak?q takut divonis mandul mbk..kira2 kita tahu qt mandul atau g tu kpn mb;?bisa didiagnosis sjak dini g?skrg usia q 21 tahn, pernah kedokter tp beliau mnyarankan supaya selalu dlm suasana romantis…n akhirnya q pnya pacar d….kalo mau liat jawabannya dimana y?

  15. dok..saya maw tnya…
    knpa saya mens g prnh teratur.
    setiap bkn pst mundur 1 mnggu..
    kdang mpe 2 mnggu..
    kira2 itu brmsalah g dok.??

  16. haiii dok,

    saya ingin menanyakan sejak umur 19 tahun mens saya kok ga teratur y .saya sering sekali telat bisa sampai 2 bulanan.itu terus terjadi sampai saya sekarang baerumur 23 tahun.hampir tiap bulan saya jarang sekali mens.apa ada kelainan dengan hormon saya y dok?gmn cara mengatasinya?

  17. kalo mens terus menerus sampai 1 bulan g brenti bahaya g?

  18. dok, saya seorang ibu berusia 27 thn, punya anak berusia 15 bln. mens saya datng setelah 7 bln sehabis melahirkan.kemudian lancar untuk beberapa bulan.sekarang dah telat lagi 2 bulan dok.saat di cek saya tdk hamil.tp saya merasakan nyeri mau haid.sampai saat ini anak saya masih saya beri ASI. tidak ada susu tambahan kecuali makanan tambahan spt nasi,roti. hanya susu yg tidak susu tambahan.bagaimana dg keadaan saya ini sebnarnya dok?apakah tidak ada penyakit?

  19. assalamualaikum dok..
    saya mahasiswa umur 20th,belum menikah,menstruasi saya dulu selalu lancar dan siklusnya juga lancar tp 2 bulan terakhir ini tidak lancar
    akhir desember tgl 26 HPHTnya trz ko tgl 8 januari keluar lg ya??
    trz bulan februari tgl 2 keluar dan saat itu saya tidak merasakan pre menstrual syndrom dan darah haid saya keluarnya hanya sedikit seperti spooting gitu…setelah berhenti haid saya..malah saya baru merasakan badan saya pegel2,payudara tegang n sakit..
    knp ya dok??

  20. Asslammualaikum…
    Dok, Saya mo nanya nih. Sy gadis umur 25 th, awal bulan saya udah mens pas udah semingguan saya mandi wajib.Tapi pada pertengahan bulannya kira2 3 hari dari saya mandi wajib eh gak tau nya saya mens lagi. kok bisa gitu ya dok? apakah ada masalah pada tubuh saya atau gimana. saya bingung nih dok…….?? Thanks atas jawabannya

  21. mu nanya ni dok..soal haid yg g tratur..pertama kali haid umurku 15 thn,dpt na 2 bln sekali..pi pas umur 19 silkus terpendek na 29 trus terpanjang na 30..yang aq takutin ko pas umurku 20 dah 2 bln ni g dtg2…mama ku dulu jg prnh 8 bln g dtg2 haid na,tp aq tkt ap ada pengaruh na karena aku suka ngosumsi kopi?

  22. dok sya gadis 27th,sudah hampir 5blan ini haid saya ngak lancar dok,hanya 2hari,pdhal sblumx 5-7 hari,apakah ada kelainan hormon atau mungkin penyakit?apakah haid yang ngak lancar bisa mengakibatkan kista?apa yang harus saya lakukan agar haid sya bisa normal lagi?

  23. Dok..
    sya udah telat 3 hari.. dulu datangnya tepat waktu.. g tw bulan ini tiba-tiba telat. sya makan lancar, semuanya seperti biasa.
    tapi napa bisa begini?!

  24. dok..
    gimana sih tanda-tanda kehamilan?

  25. dok, saya dulunya mens banyak. hari 1 ampe 3 selalu baynk. tapi sekarang kok hari 1-2 ja banyak, hari ke3 da habis, merah2 bercampur dengan kecoklatan. ada masalah ga ya dok? apakah saya ada penyakit? apakah saya bisa hamil?

  26. dok,saya mens dulunya hr 1-3 byk, skrg kok hari 1-2 byk,hari ke3 da bersih ya? bermasalah ga dok? apa sy kena pykt? thanks dok

  27. Dok, saya punya keluhan udah 3 bulan ini menstruasi saya gak teratur bl peb 1 bln mens 2 x trus periksa ke dr kandungan di USG semuanya normal, bl maret mens tgl 25 april mens lg tgl 8, gmn dok apa masih normal, dulu saya ber KB spiral tp udah dilepas sejak bl nov krn pgn hamil lagi, kl mens saya gak teratur apa jd sulit hamil

  28. dok,aku tuh sering hai ga lancar yang biasa nya tanggal muda suka mens di pertengahan bln.knpa bsa begitu y dok?

  29. saya udah 2 bulan ga mens.gmanay ya?sering telat sih,tapi gak sakit saat mens

  30. Saya ibu rumah tangga sudah punya nanak berusia 4 tahun. semenjak lepas KB spiral, saya tidak menstruasi sudah hampir 4 bulan, dan tidak ada tanda2 kehamilan. Kenapa ya?

  31. tmn saya udah dua bLn gak mens,kira2 apa penyebab’y ya??

  32. saya ce umur 16 tahun saya sudah melakukan hub sex sama pacar saya kira2 udah 2 blan kmaren,,,,, sblum saya mlakukan sex saya mens lancar2 saja bahkan saya slalu tapat wktu
    blan kmaren saya mens saya telat 3 hari kmudian saya mens tp kbanyakan yg keluar hanya darah kcoklatan gt
    habis tp brlangsung 5 hari jga sperti mens setelah beberapa hari berhenti saya mlkukan hub sex kmbali pd bulan ini saya udah telat 1 minggu 1 hari saya tkut sampai saya hamil tp saya gag ada merasakan tnda2 bahwa saya hamil cuman badan pnggang saya tersa skit dan payudara saya tersa sakit jga
    menurut kalian apakah saya hamil atau mw menstruasi?????

  33. ani, di/pada April 21st, 2009 pada 1:51 am Dikatakan: Komentar anda sedang menunggu moderasi.

    saya ce umur 16 tahun saya sudah melakukan hub sex sama pacar saya kira2 udah 2 blan kmaren,,,,, sblum saya mlakukan sex saya mens lancar2 saja bahkan saya slalu tapat wktu
    blan kmaren saya mens saya telat 3 hari kmudian saya mens tp kbanyakan yg keluar hanya darah kcoklatan gt
    habis tp brlangsung 5 hari jga sperti mens setelah beberapa hari berhenti saya mlkukan hub sex kmbali pd bulan ini saya udah telat 1 minggu 1 hari saya tkut sampai saya hamil tp saya gag ada merasakan tnda2 bahwa saya hamil cuman badan pnggang saya tersa skit dan payudara saya tersa sakit jga
    menurut kalian apakah saya hamil atau mw menstruasi?????

  34. saya ce umur 16 tahun saya sudah melakukan hub sex sama pacar saya kira2 udah 2 blan kmaren,,,,, sblum saya mlakukan sex saya mens lancar2 saja bahkan saya slalu tapat wktu
    blan kmaren saya mens saya telat 3 hari kmudian saya mens tp kbanyakan yg keluar hanya darah kcoklatan gt
    habis tp brlangsung 5 hari jga sperti mens setelah beberapa hari berhenti saya mlkukan hub sex kmbali pd bulan ini saya udah telat 1 minggu 1 hari saya tkut sampai saya hamil tp saya gag ada merasakan tnda2 bahwa saya hamil cuman badan pnggang saya tersa skit dan payudara saya tersa sakit jga
    menurut kalian apakah saya hamil atau mw menstruasi?????

  35. dok, saya tlat mens.
    bulan kmrin saya kira2 tanggal 21, saya tkut dok.
    harus bagaimana ??

  36. aq uda 3 bulan ga mens . tapi bulan januari kmren aq dksi dokter obat biar bisa mens ,. tapi kog ga mens lagi …
    tolong pnjelasannya . mksii byk .

  37. saya dah telat 2 bulan………akhir2 ini emang menstruasinya aneh…..ga sebanyak biasanya…..hari ini saya menstruasi setelah 2 bulan telat, tapi saya ngrasa aneh….karena warna darah yang keluar beda…..kira2 kenapa ya??????????
    tolong dokter jelaskan…..dulu saya pernah periksa dan diagnosa endometriosis…..apa ada pengaruhnya????????????

  38. usia saya sekarang 21 tahun, saya punya keluhan tentang haid. awal bulan ini saya sudah haid kurang lebih 7 hari. tapi seminggu kemudian keluar bercak kecoklatan campur sedikit darah,dan itu sudah terjadi kira2 4 hari,kira2 itu kenapa y dok?apa ada masalah dengan rahim saya?ato saya haid lagi?

  39. Dok,sy mo tny.
    sy mhsiswa, umur sy 19 th. saat ini sy blm menstruasi lg slm 4 bln, tu knp y Dok? tp memang seblmnya sy pernah telat mens kdag2 1 atau 2 bulan tp blm pernah selama ini. trz knp si bs sk g teratur?
    sy mhn jwbnnya y Dok,,
    sblm dan sesdhnya sy ucpkan terima kasih.

  40. dok,, saya mau tanya… saya perempuan berumur 23 thn..saya srg sekali mensnya ga teratur… spt bln april kmrn sama sekali tdk mens…kdg dulu pernah tdk mens smp 5 bln…saya pernah konsultasi dgn dokter, katanya saya hrs ke ginekolog utk mnt pengobatan spt therapi/suntikan/obat minum… memang dr tanda2 mens tidak teratur di atas ada yg mirip dgn kondisi saya… menurut dokter saya hrs bgmn???apa utk pengobatan ke ginekolog itu mahal??? tlg dibalas… trims

  41. saya gadis brumr 19 thn. skls haid sy tdk nrml. kdg mens 3 bn sx. ap itu nrml dok? saya tkt itu kista,,, trs klo mens jga dras sx.kdg smp 14 hr g brhnti”. sy ud mnm obt plncr mens,tp hsilny nihil. bgmn y dok? ap ad mslh dg kwntn sy? sy tkt ini brpgrh pd ksbran sy? ap ad kmgkinan sy mandul? trs trg itu ktkutan sy sbg gdis,,tkt tdk bs mmliki ktrnan, tq dok.
    bls k email sy y,

  42. Dok…Saya gadis berumur 20 tahun belum menikah, ketika berumur 12 thn saya mens pertama, sesdh itu mensku lancar aja. Tapi semenjak berusia 18 thn mensku gak teratur, kadang 1,5 bln-2 bln baru mens, darah yang kluar gak terlalu bnyk. Dirmh aku pelihara kucing. Apa kucing menyebabkan kemandulan?? Dan haid jadi gak teratur??? aku melihara kucing sejak usia 15 thn. Dan aku suka deket2 sama kucingku…Mohon dijawab…Terimakasih

  43. dok, boleh ga kasih tau ciri2 kesuburan itu apa? karena saya takut bgt ga bisa hamil. kalo yang mandul itu, biasanya ga mens ya dok? bulan ini saya mens lagi.tapi hari 1-2 ja merah, stlh itu hari ke 3 nya sudah dikt n warna kecoklatan. saya khawatir bgt donk. thx bgt dok

  44. saya wahyu, punya pacar usianya 23th udah 3bulan gk mens, gmn ini.?
    kira kira kenapa ya ? ? ?
    tapi kita gak pernah berhubungan badan lo..
    jadi bingun ni cimon.
    mhon tanggapanya

  45. tolong saya dok…

    apa solusinya supaya bsa dpt dtg bulan teratur..

    krna sjak awal bulan april kmrn smpai skrg sya blm dpt mens jg…

    apa kemungkinan sya hamil??

  46. saya takut bgt nih dok…

    tlong di bls ya!!!

  47. dok, mo nanya….. aku da g mens sekitar krang lbih 3blan yang lalu, pdhal umurQ sdah 17thun lebih1 minggu….. Kira-kira knapa ya dok!!!!

    tolong dibalaz…… aku takut dok…

  48. gangguan polimenorhea itu apa dok,?? tolonng dijelaskan….

  49. ehm saya irma i4 th,,,.. sya mens kok udah kira2 1 bulan ya ?? apkah itu penyakit,.. atau gak papa?? aku takkut nih … tlg bls ya …

Tinggalkan Balasan

