Sistem reproduksi wanita

Struktur internal sistem reproduksi perempuan (indung telur, tuba falopian, rahim, dan vagina) terdapat di sepertiga bagian bawah perut. Indung-telur mengandung folikel yang menyimpan telur, yaitu sel-sel yang bisa bergabung dengan sperma dan pria untuk membentuk keturunan. Setiap bulan sebuah telur menjadi matang dan dilepaskan dan indung-telur. Fimbriae mengarahkan telur ke tuba falopian, yang mendorongnya ke rahim. Vagina, saluran berdinding otot, menghubungkan rahim dengan luar-tubuh. Struktur-luar, umum disebut vulva, meliputi clitoris yang peka serta lipatan kulit yang disebut labia, bertugas melindungi jalan masuk vagina dan uretra. Tepat di balik vagina terdapat kelenjar Bartholin, yang mensekresi cairan pelumas saat hubungan kelamin.

Image

Perubahan pubertas pada anak perempuan
Pubertas adalah masa dimana karakteristik seksual berkembang dan organ seksual menjadi matang. Pada anak perempuan, pubertas dimulai di usia sekitar 10 dan 14, dan berlangsung sampai 3-4 tahun. Kelenjar pituitari mulai mengeluarkan hormon yang merangsang indung-telur untuk menghasilkan hormon perempuan progesteron. Hormon-hormon ini memicu mulainya perubahan fisik seperti pembesaran payudara dan pinggul serta tumbuhnya bulu kemaluan dan bulu ketiak. Kemudian, hormon tersebut juga merangsang ovulasi dan haid.

Image

Siklus haid
Selama siklus haid, tubuh perempuan siap untuk menghadapi kehamilan. Siklus ini diatur oleh empat hormon seksual. Harmon perangsang folikel dan hormon peluruh, yang disekresi oleh kelenjar pituitari, menyebabkan sebuah telur di folikel menjadi matang dan dilepaskan. Telur dan folikelnya mengeluarkan oestrogen dan progesteron, yang membuat dinding rahim menebal. Telur yang terbuahi akan membenamkan diri ke dinding tersebut. Bila tidak terbuahi, telur akan keluar dari tubuh bersama darah dan sel-sel dinding tersebut, saat haid. Siklus berlangsung selama 28 hari namun bisa bervariasi setiap bulan, dan bisa berbeda pada setiap perempuan.

Image

Sebuah siklus haid lengkap
Gambar di atas menunjukkan perubahan yang terjadi dalam endometrium (dinding rahim) dan indung telur selama siklus haid. Telur bisa dibuahi oleh satu sperma saat ovulasi, begitu ia dilepaskan dari folikelnya.

Peran payudara
Payudara perlu untuk membangkitkan gairah seksual, namun peran utamanya adalah menghasilkan susu untuk bayi. Selama pubertas hormon oestrogen menyebabkan payudara tumbuh dan berkembang. Selama kehamilan, perubahan hormonal membuat payudara semakin membesar dan pada kehamilan lanjut merangsang produksi susu di kelenjar yang disebut globula. Kelenjar-kelenjar ini terhubung ke saluran yang menuju kanal ampullae, yang terbuka ke arah permukaan putimg. Jaringan lain dari payudara kebanyakan adalah lemak, dengan sejumlah kecil jaringan penghubung, yang membantu menopang payudara.

Image

Menopause
Menopause adalah masa ketika siklus haid usai. Biasanya terjadi di usia antara 45 dan 55. Indung telur berhenti merespon hormon perangsang folikel dan semakin kurang memroduksi hormon perempuan oestrogen dan progesteron. Akibatnya, terhentilah proses ovulasi dan haid, sehingga perempuan yang bersangkutan tidak lagi subur. Beberapa tahun sebelum dan sesudah menopause, perubahan hormon menimbulkan gejala-gejala antara lain pergolakan emosi, keluarnya cairan panas, vagina kering, dan berkeringat di malam hari. Menopause juga berakibat pada perubahan fisik jangka panjang, seperti osteoporosis.

Image

Sumber : Smith, T., Davidson, S., “Dokter Di Rumah Anda”, Dian Rakyat, 2005.

4 Tanggapan

  1. semoga info ini bisa manambah ilmu dan pengetahuan kita tentang wanita……………
    jika anda ingin tambah income…..
    silahkan klik dibawah ini :

    http://rudyindrasakti2008.wordpress.com

  2. Apa ciri-ciri fisik wanita yang masih perawan?

  3. perawan yang saya maksud disini adalah belum pernah melakukan hubungan seksual

  4. ini adalah vagina yg telah kau perawani/
    apakah anda mau bertangfgu8ng jwab?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: