9 Makanan berkhasiat untuk kesehatan

1. Brokoli.
Kandungan:
Brokoli mengandung lebih banyak vitamin C ketimbang sebagian besar jeruk, lebih banyak kalsium ketimbang segelas susu, lebih kaya serat ketimbang sepotong roti dan penuh antioksidan.

Manfaat kesehatan:
Brokoli ampuh sebagai zat anti karsinogen, karena mampu merangsang tubuh memproduksi substansi untuk melawan kanker. Tak hanya sampai disitu, brokoli juga ampuh untuk mencegah katarak, penyakit jantung, radang sendi, borok dan virus.

Cara terbaik mengonsumsinya:
Jika bisa makanlah dalam keadaan mentah, atau kukus dan gunakan sebagai lalapan.

2. Chamomile.
Kandungan:
Chamomile merupakan famili bunga daisy yang berkhasiat sebagai penyembuh.

Manfaat kesehatan:
Chamomile bertindak untuk relaksasi otot, yang membantu menurunkan stres dan ketegangan. Makin sedikit tekanan yang Anda alami, akan menurunkan risiko Anda terkena serangan jantung. Chamomile juga membantu detoksifikasi tubuh dengan membantu ginjal membersihkan produk buangan.

Cara terbaik mengonsumsinya:
dengan meminumnya. Seduh dengan air panas seperti halnya menyeduh teh

3. Cranberries.
Kandungan:
Buah ini mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, zat kimia pelawan bakteria dan antioksidan quercetin.

Manfaat kesehatan:
Cranberries membantu memerangi infeksi di saluran urin, melawan kanker dan juga mencegah bakteri berbahaya di permukaan tubuh.

Cara terbaik mengonsumsinya:
Karena rasanya yang masam, sebaiknya dimakan dengan yang manis-manis untuk menyamarkan rasanya. Bisa juga dibikin jus bareng apel.

4. Oily fish.
Kandungan:
Oily fish, seperti salmon, trout, mackerel dan herring mengandung asam lemak omega 3 yang amat tinggi

Manfaat kesehatan:
Jenis-jenis ikan tersebut membantu menurunkan tekanan kolesterol dalam darah dan mencegah stroke serta penyumbatan darah

Cara terbaik mengonsumsinya:
Anda bisa memakannya mentah-mentah (dalam bentuk sushi), atau dipanggang, dimasak sesuka Anda

5. Lemon.
Kandungan:
Sudah tentu lemon kaya vitamin C.

Manfaat kesehatan:
Kalau ingin selalu sehat memang harus selalu mengandalkan lemon ini, tak hanya untuk melawan infeksi, namun kandungan asam alami dalam jus lemon bersifat anti bakteri, yang ampuh melawan sariawan dan radang tenggorokan.

Cara terbaik mengonsumsinya:
Cobalah memeras lemon segar di atas ikan salmon, atau masukkan saja lemon ke air putih. sertakan juga sedikit perasan lemon ke dalam salad dan saus, pasti segar.

6. Bawang.
Kandungan:
Bawang kaya vitamin C, antioksidan quercetin dan sulfur.

Manfaat kesehatan:
Meski meninggalkan bau tak sedap di mulut setelah mengkonsumsinya, namun benda satu ini bisa membantu mengendalikan sejumlah penyakit terkait pernapasan, seperti asma misalnya. Bawang juga disinyalir meningkatkan level kolesterol ‘baik” HDL dalam darah dan membantu melindungi sel dari kanker.

Cara terbaik mengonsumsinya:
Memakannya mentah bareng salad atau dengan sandwich sudah cukup. Jenis bawang yang bisa dimakan adalah yang warna merah dan kuning.

7. Gandum.
Kandungan:
Gandum kaya kalsium, demikian juga dengan serat, baik yang larut atau tidak.

Manfaat kesehatan:
Jika Anda berencana hidup lebih lama dengan senyum berhiaskan barisan gigi utuh, gandum bisa banyak membantu karena zat ini bisa menguatkan gigi. Tulang juga terjaga sampai tua. Zat ini juga menurunkan kandungan kolesterol, mengurangi tekanan darah dan melawan kanker usus besar.

Cara terbaik mengonsumsinya:
Cukup masak sebagai bubur. Sudah banyak jenis makanan kaya serat yang cara masaknya praktis, dan Anda akan langsung menikmatinya sebagai sarapan yang menyehatkan.

8. Tomat.
Kandungan:
Tomat mengandung antioksidan lycopene.

Manfaat kesehatan:
Tomat menguatkan sistem kekebalan, melambatkan perkembangan penyakit degeneratif dan mengurangi risiko kanker jenis tertentu, khususnya kanker prostat, paru-paru dan kanker perut.

Cara terbaik mengonsumsinya:
Makanlah saat sudah matang. Tomat yang dimasak konon mengandung lycopene lebih banyak ketimbang tomat tanpa proses cooking. Tapi kalau Anda suka tomat yang sudah dikalengkan, oke juga, karena tomat kalengan mengandung lycopene tiga kali lipat ketimbang tomat mentah. Sementara saus tomat mengandung lycopene lima kali lipat ketimbang tomat mentah.

9. Teh hijau.
Kandungan:
Minuman khas Asia ini memang oke sekali khasiatnya, penuh dengan zat antioksidan catechins dan polyphenols, demikian juga vitamin A, C dan E.

Manfaat kesehatan:
Teh hijau mungkin lebih kuat ketimbang pedang samurai, karena mampu mencegah oksidasi dari sel yang dapat menuntun pada kanker, meningkatkan sistem kekebalan dan mengencerkan darah untuk memerangi penyakit jantung.

Cara terbaik mengonsumsinya:
Minumlah panas-panas sembari santai. Rasakan sensasi luar biasa yang ditimbulkannya, wangi dan nikmat.

Sumber: Hanyawanita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: